SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wanita Suku Apatani Sumpal Hidung Agar Terlihat Jelek

Selasa, 21 Januari 2014 17:04 by miko | 5102 hits
Wanita Suku Apatani Sumpal Hidung Agar Terlihat Jelek
tobyadamson.blogspot.com

DREAMERSRADIO.COM - Setiap suku tentu memiliki kekayaan budaya yang berbeda dengan suku yang lain. Salah satunya adalah suku Apatani di India. Pasalnya suku yang memiliki keahlian dalam pertanian ini juga memiliki tradisi penutup hidung bagi kaum perempuannya.

Dilansir dari Timesofindia, suku Apatani atau sering disebut Tani merupakan kelompok suku di India yang terdiri sekitar 60.000 anggota. Suku ini di puji karena memiliki keahlian dalam mengolah pertanian yang dilakukan tanpa binatang atau pun mesin.

Meski demikian, sayangnya suku ini tidak memiliki catatan tertulis tentang sejarah mereka sendiri. Sementara itu, tradisi unik berupa penutup hidung atau dikenal Yaping hullo bahkan hanya diwariskan secara lisan dari generasi ke generasi.

Sedangkan Yaping hullo terbuat dari batang kayu yang tersedia di hutan. Batang kayu yang telah kering dihaluskan dengan mambakar ujungnya dan menggosoknya pada permukaan yang keras dan halus. Selama proses berlangsung, sterilisasi kayu sangat diperhatikan agar tak menimbulkan resiko cedera pada hidung.

Baca juga: Inilah 6 Jurusan Kuliah yang Lulusan Wanitanya Bepenghasilan Lebih Tinggi Dibanding Pria

Aksesoris berwarna hitam yang digunakan untuk menutup hidung tersebut dikenakan oleh sebagian besar wanita tua dalam suku tersebut. Pasalnya memasuki pertengahan abad ke-20, tradisi tersebut sepertinya mulai terkikis.

Apatani menggunakan penutup hidung sebagai cara untuk melindungi wanita suku tersebut. Hal itu dikarenakan wanita dari suku ini selalu dianggap paling cantik di antara suku-suku lain. Akibatnya, desa Apatani terus-menerus diserang oleh suku-suku tetangga, dan para wanita kerap diculik.

Kemudian, agar membuat diri mereka tak terlihat menarik bagi suku-suku lain, maka wanita Apatani mulai mengenakan penutup hidup yang mengerikan dan mentato wajah dari dahi hingg ujung hidung, dan menambahkan lima garis di dagu mereka.

Komentar
  • HOT !
    Presiden Rusia Vladimir Putin menelpon Presiden Amerika Serikat, Donald Trump untuk mengucapkan terima kasih atas informasi dari CIA yang membantu Rusia untuk menggagalkan serangan teroris yang direncanakan di Saint Petersburg, Minggu (17/12)....
  • HOT !
    Gelaran Djakarta Warehouse Project tahun ini justru mendapat tentangan setelah berhasil mengadakan acara serupa bertahun tahun belakangan. Sejak Kamis, massa anti DWP berunjuk rasa menolak dilaksanakannya acara musik tersebut....
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)