home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Cinta Batik, Mandela Banyak Kenalkan Ke Dunia Internasional

Jumat, 06 Desember 2013 16:29 by miko | 2544 hits
Cinta Batik, Mandela Banyak Kenalkan Ke Dunia Internasional
dereisnaarbatik.blogspot.

DREAMERSRADIO.COM - Kepergian sosok Nelson Mandela tentu memiliki kenangan tersendiri bagi Indonesia. Pasalnya orang berpengaruh di dunia tersebut merupakan pribadi yang sangat mencintai batik. Tak hanya itu, ia pun banyak memperkenalkan batik ke dunia internasional.

Dilansir dari BBC, Nelson Mandela selalu mengenakan batik pada banyak acara resmi dunia, salah satunya ketika dirinya menutup pagelaran Piala Dunia pada tahun 2010 silam. Sementara itu, Mandela kenal dengan batik pada tahun 1990 atau beberapa bulan setelah ia dibebaskan dari penjara Pulau Roben.

“Pada akhir Oktober 1990--lawatan pertama ke luar negeri, salah satunya adalah Indonesia. Saat itu pemerintah memberikan baju batik,” tutur Sugeng selaku duta besar Indonesia untuk Afrika Selatan.

Baca juga: So Sweet, Ternyata Sarapan Juga Punya Manfaat 'Cinta' Selain untuk Sehat!

Sejak itu presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan ini sering memakai batik. Dalam pertemuan dengan mantan presiden Suharto pada lawatan itu, Mandela mengenakan batik pemberian pemerintah itu. Sejak mendapatkan hadiah batik dari Indonesia itu, Mandela terkesan dengan warna dan corak batik dan mulai mengenakannya sebagai simbol kedekatan Indonesia dan Afrika Selatna, kata Sugeng.

“Yang satu tahu semua motif suka, dan filosofi dari pembuatan batik inilah yang bisa ditarik dengan kepribadian beliau," kata Sugeng, yang menjadi notulen saat Mandela bertemu Presiden Suharto.

“Batik mencerminkan kesabaran dan keharmonisan dalam menentukan corak dan warna. Inilah ciri kepribadian Mandela,” terangnya.

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)