SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Cinta Batik, Mandela Banyak Kenalkan Ke Dunia Internasional

Jumat, 06 Desember 2013 16:29 by miko | 2355 hits
Cinta Batik, Mandela Banyak Kenalkan Ke Dunia Internasional
dereisnaarbatik.blogspot.

DREAMERSRADIO.COM - Kepergian sosok Nelson Mandela tentu memiliki kenangan tersendiri bagi Indonesia. Pasalnya orang berpengaruh di dunia tersebut merupakan pribadi yang sangat mencintai batik. Tak hanya itu, ia pun banyak memperkenalkan batik ke dunia internasional.

Dilansir dari BBC, Nelson Mandela selalu mengenakan batik pada banyak acara resmi dunia, salah satunya ketika dirinya menutup pagelaran Piala Dunia pada tahun 2010 silam. Sementara itu, Mandela kenal dengan batik pada tahun 1990 atau beberapa bulan setelah ia dibebaskan dari penjara Pulau Roben.

“Pada akhir Oktober 1990--lawatan pertama ke luar negeri, salah satunya adalah Indonesia. Saat itu pemerintah memberikan baju batik,” tutur Sugeng selaku duta besar Indonesia untuk Afrika Selatan.

Baca juga: So Sweet, Ternyata Sarapan Juga Punya Manfaat 'Cinta' Selain untuk Sehat!

Sejak itu presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan ini sering memakai batik. Dalam pertemuan dengan mantan presiden Suharto pada lawatan itu, Mandela mengenakan batik pemberian pemerintah itu. Sejak mendapatkan hadiah batik dari Indonesia itu, Mandela terkesan dengan warna dan corak batik dan mulai mengenakannya sebagai simbol kedekatan Indonesia dan Afrika Selatna, kata Sugeng.

“Yang satu tahu semua motif suka, dan filosofi dari pembuatan batik inilah yang bisa ditarik dengan kepribadian beliau," kata Sugeng, yang menjadi notulen saat Mandela bertemu Presiden Suharto.

“Batik mencerminkan kesabaran dan keharmonisan dalam menentukan corak dan warna. Inilah ciri kepribadian Mandela,” terangnya.

  • HOT !
    Setelah pembatalan sepihak dari Amerika Serikat soal pertemuan Presiden Donald Trump dengan Pemimpin Tertinggi, Kim Jong Un dari Korea Utara kembali bertemu dengna Presiden Korea Selatan, Moon Jae In....
  • HOT !
    Remaja pelaku video yang mengancam akan menembak Presiden Jokowi yang berinisial RJT alias S (16) bersama ayahnya telah membuat video permintaan maaf. Namun kabar terakhir mengatakan ia tetap diproses hukum sesuai peraturan yang berlaku....
  • HOT !
    Isu perselingkuhan menimpa Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon. Meski belum ada detail soal perselingkuhan itu, isu ini beredar santer di media sosial dan pemberitaan hingga berbagai klarifikasi muncul, termasuk dari Fadli Zon sendiri....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)