home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wow, China Berhasil Pindahkan Gedung Berlantai Enam

Jumat, 22 November 2013 15:25 by miko | 3134 hits
Wow, China Berhasil Pindahkan Gedung Berlantai Enam
dailymail

DREAMERSRADIO.COM - China merupakan negara yang terus berkembang dengan menciptakan teknologi canggih. Bahkan baru-baru ini pemerintah China berhasil memindahkan gedung berlantai enam. Gedung yang memiliki berat 12 ribu ton ini bisa bergeser hingga 38 meter.

Dilansir dari Dailymail, gedung tersebut dipindahkan karena pengembang sedikit membutuhkan ruang kosong untuk wilayah Shanghai. Tetapi karena tak ingin kehilangan gedung Zhengguanghe yang menjadi simbol kota.

Meski demikian, untuk memindahkan bangunan tersebut memang belum pernah dicoba sebelumnya. Sehingga pemerintah setempat memberikan waktu hingga 20 hari.

Akhirnya mereka pun melakukan penggeseran bangunan tersebut. Pergeseran ini memerlukan 12 dongkrak pengangkut besar masing-masing berkapasitas 200 ton ditaruh di banyak sisi terutama bagian timur dan selatan.

Baca juga: Agensi Umumkan Wow A.C.E Wamil Bulan Depan

Sementara itu, Gedung Zhengguanghe dirancang oleh arsitek Inggris bernama George Wilson dan selesai pada 1935. Bangunan ini telah menjadi simbol kota dengan gaya arsitektur Britania kuat. Sebelumnya tempat ini merupakan pabrik soda.

Namun bukan ini saja bangunan dipindahkan, sebelumnya pada 2012 sebuah gedung usia 122 tahun seberat 6.200 ton di Kota Zurich, Jerman juga pernah pindah 60 meter lantaran berdiri di atas jalan hendak dibuat lintasan kereta api.

Meski demikian rekor dunia mencatat gedung terberat dipindah secara utuh yakni Gang Fu di tepi barat Jalan Wuzhou, Provinsi Guangxi.

“Gedung itu berpindah sejauh 34 meter dan beratnya 15.140 ton. Butuh waktu hampir dua minggu untuk memindahkannya dengan kecepatan 30 sentimeter per jam,” tulis rekor dunia.

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)