SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Demi Turis, Gereja Kuno Hagia Sophia Digunakan Untuk Masjid

Rabu, 20 November 2013 18:22 by miko | 3543 hits
Demi Turis, Gereja Kuno Hagia Sophia Digunakan Untuk Masjid
en.wikipedia.org

DREAMERSRADIO.COM - Perkembangan pariwisata di Turki yang kini banyak dibanjiri wisatawan asal Timur Tengah, maka pemerintah Turki mengubah sebagian ruangan di gereja kuno Hagia Sophia di Kota Trabzon difungsikan sebagai masjid.

Meski demikian, gereja Hagia Sophia yang dimaksud bukanlah gereja Hagia Sophia yang ada di Kota Istanbul yang tercatat masuk dalam daftar warisan dunia PBB. Memang banyak gereja kuno yang bernama Hagia Sophia yang terletak di Turki.

Sebelumnya, gereja ini digunakan sebagai museum. Walaupun mayoritas penduduk kota tersebut beragama Islam, Turki merupakan negara sekuler yang memisahkan kepentingan negara dengan agama secara jelas.

“Sebagian ruangannya masih dipergunakan untuk museum,” ungkap petugas di Hagia Sophia, Huseyin Buyuk, seperti dilansir Financial Times.

Baca juga: Jangan Ditiru, Ini Deretan Kesalahan Turis Saat Berwisata ke Roma

Dengan berubahnya fungsi menjadi masjid, maka turis dari Timur Tengah bisa sholat di tengah perjalanan wisata. Saat ini Turki menjadi tujuan utama turis Timur Tengah karena kedekatannya dengan budaya Islam,

Pada tahun 2009, Turki mencatat dikunjungi sekira 1,37 juta turis dari Negara Arab atau 14,6 persen dari keseluruhan jumlah turis tahun itu.

“Banyak negara Eropa yang memiliki pemandangan indah seperti Swiss. Turis Timur Tengah memilih Turki karena kedekatannya dengan dunia Islam. Mereka merasa nyaman berkunjung ke sini,” tutur seorang pengusaha pariwisata Turki, Murat Eyupoglu.

Namun, tidak semua warga menerima kebijakan pemerintah. Mereka takut penggunaan gereja kuno sebagai masjid akan menurunkan jumlah turis dari Barat.

Komentar
  • HOT !
    Visual dari idol kpop memang sangat membuat semua orang takjub, tidak jarang tampilan idol kpop menjadi inspirasi bagi setiap orang, dimulai dari make up, gaya rambut bahkan gaya berpakaian....
  • HOT !
    Kabar mengejutkan kembali datang dari Negeri Ginseng, Korea Selatan. Pasalnya, setelah 30 tahun lamanya, pelaku pembunuhan berantai yang terjadi di tahun 1986 dan 1991 akhirnya berhasil diidentifikasi....
  • HOT !
    Belakangan ini masyarakat heboh dengan video viral yang menunjukan dua orang remaja wanita menyeberangi sungan menggunakan ‘Flying Fox Motor’....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : arsyaden
Cast : Arsy, Vian, Lee Dong Wook, dkk

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)