SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Demi Turis, Gereja Kuno Hagia Sophia Digunakan Untuk Masjid

Rabu, 20 November 2013 18:22 by miko | 3487 hits
Demi Turis, Gereja Kuno Hagia Sophia Digunakan Untuk Masjid
en.wikipedia.org

DREAMERSRADIO.COM - Perkembangan pariwisata di Turki yang kini banyak dibanjiri wisatawan asal Timur Tengah, maka pemerintah Turki mengubah sebagian ruangan di gereja kuno Hagia Sophia di Kota Trabzon difungsikan sebagai masjid.

Meski demikian, gereja Hagia Sophia yang dimaksud bukanlah gereja Hagia Sophia yang ada di Kota Istanbul yang tercatat masuk dalam daftar warisan dunia PBB. Memang banyak gereja kuno yang bernama Hagia Sophia yang terletak di Turki.

Sebelumnya, gereja ini digunakan sebagai museum. Walaupun mayoritas penduduk kota tersebut beragama Islam, Turki merupakan negara sekuler yang memisahkan kepentingan negara dengan agama secara jelas.

“Sebagian ruangannya masih dipergunakan untuk museum,” ungkap petugas di Hagia Sophia, Huseyin Buyuk, seperti dilansir Financial Times.

Baca juga: Tertangkapnya 7 Turis Korsel yang Sembunyikan Banyak Emas Batangan di Dalam Anus

Dengan berubahnya fungsi menjadi masjid, maka turis dari Timur Tengah bisa sholat di tengah perjalanan wisata. Saat ini Turki menjadi tujuan utama turis Timur Tengah karena kedekatannya dengan budaya Islam,

Pada tahun 2009, Turki mencatat dikunjungi sekira 1,37 juta turis dari Negara Arab atau 14,6 persen dari keseluruhan jumlah turis tahun itu.

“Banyak negara Eropa yang memiliki pemandangan indah seperti Swiss. Turis Timur Tengah memilih Turki karena kedekatannya dengan dunia Islam. Mereka merasa nyaman berkunjung ke sini,” tutur seorang pengusaha pariwisata Turki, Murat Eyupoglu.

Namun, tidak semua warga menerima kebijakan pemerintah. Mereka takut penggunaan gereja kuno sebagai masjid akan menurunkan jumlah turis dari Barat.

  • HOT !
    Sepanjang akhir pekan kemarin, jagat media sosial diramaikan oleh protes netizen untuk netizen lainnya yang dianggap tak mampu ‘bersikap’ di museum seni MACAN (Modern and Contemporary Art in Nusantara), Kebon Jeruk, Jakarta Barat....
  • HOT !
    Salah satu cara menanggulangi menumpuknya sampah di suatu daerah tentu dengan mendaurnya ulang. Semakin terpilah sampahnya, semakin mudah mendaurnya....
  • HOT !
    Dalam sebuah pernikahan, hadiah biasa datang berlimpah untuk membahagiakan kedua mempelai. Namun tak jarang pula pejabat maupun orang penting dunia menolak hadiah pernikahan untuk mereka....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)