SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kini Ubah Abu Jenasah Jadi Berlian Banyak Digemari Masyarakat

Rabu, 13 November 2013 14:54 by miko | 2653 hits
Kini Ubah Abu Jenasah Jadi Berlian Banyak Digemari Masyarakat
cornerstonefuneralhome.co

DREAMERSRADIO.COM - Untuk membuka peluang bisnis diperlukan ide-ide gila yang tak dapat dicerna dengan pikiran pada umumnya. Perusahaan Algordanza asal Hong Kong kini menekuni bisnis yang membuat abu orang mati menjadi berlian.

Bahkan berlian sintetis ini kini banyak di pesan dan bisa digunakan oleh keluarga yang ditinggal pergi sebagai kenang-kenangan. Sementara itu, daya tarik bisnis ini setidaknya diakui oleh Eva Wu yang memiliki putra bernama Cornald yang meninggal di usia 17 tahun hingga dirinya mengambil keputusan untuk mengubah abu anaknya menjadi berlian.

“Saya merasa damai. Saya merasakan berada di dekatnya dan ini 100% dirinya,” ungkap Wu seperti dilansir dari CNN.

Bahkan Wu juga mengaku merasa dama dan kenangan yang terus melekat pada benak wanita ini tercipra berkat jasa Algordanza yang merupakan perusahaan Hong Kong yang berpusat di Swiss yang telah berjalan sejak tahun 2008.

Pembuatan abu jenasah jadi berlian ini cukup sederhana. Algordanza mengirim sekitar 200 gram sisa kremasi ke laboratorium yang berada di Swiss. Karbon abu kemudian disaring dan dimurnikan hingga 99 persen sehingga sempurna menjadi grafit hitam berkilau.

Kemudian mesin mengaplikasi tekanan dan temperatur setara gunung berapi. Sembilan jam kemudian, sebuah berlian sintetis dengan semburat kebiruan tercipta. Semburat biru tersebut dihasilkan dari boron yang memang terkandung alami di dalam tubuh.

“Berlian ¼ karat dijual seharga US$ 3.000 (Rp 27,6 juta). Berlian terbesar yang pernah dibuat Algordanza yaitu 2 karat bernilai sekitar US$ 37.000 (Rp 340,4 juta),” ungkap Fong yang menjelaskan harga berlian ini kompetitif dengan biaya pemakaman di Hong Kong.

Baca juga: Sampai di Indonesia, Leeteuk SuJu dan Bos SM Siap Hadiri Acara Pertemuan Negara Hari Ini

Menurut Food and Environmental Hygiene Department kota Hong Kong, harga pemakaman bervariasi. Mulai dari kisaran US$ 2.000 (Rp 18,4 juta) hingga US$ 200.000 (Rp 1,84 miliar) tergantung jenis peti jenazah yang dipilih.

Tanah juga termasuk barang langka di Hong Kong. Orang yang masih hidup saja mengeluhkan tingginya harga properti di sana. Apalagi harga untuk sepetak tanah makam di kota yang kekurangan lahan pemakaman ini. Pemerintah Hong Kong bahkan menerapkan peraturan, sebuah jenazah hanya boleh dikubur maksimal enam tahun sebelum akhirnya harus digali dan dikremasi.

“Pendapatan Algordanza telah berlipat ganda sejak kantor operasional Hong Kong dibuka pada 2008,” tutur Fong.

Tapi, budaya tradisional China menekankan bahwa membisniskan kematian itu tabu. Bahkan ayahnya, Bill menentang sejak awal merintis bisnisnya. Namun akhirnya ayah Fong meninggal dunia, dan abu jenasahnya akan dibuat menjadi berlian dan dibagi kepada empat anaknya yang tinggal berpencar.

Sementara bagi Eva Wu, reaksi keluarga terhadap keputusannya mengubah abu sang putra jadi berlian termasuk tenang.

“Mereka tahu ikatan batin dan kedekatan kami. Jika ini adalah cara yang bisa membuat saya bahagia dan nyaman, (mereka bilang) silakan saja,” tambah Wu.

Komentar
  • HOT !
    Seorang seleb media sosial semacam Instagram, Yong Ning terpaksa harus mengakhiri aksi aksi berbahayanya. Pria asal China tersebut diketahui tewas mengenaskan setelah melakukan aksi maut saat hendak mengambil gambar dari gedung tinggi....
  • HOT !
    Ritual yang dilakukan kepala negara sebelum mengambil keputusan penting biasanya berupa rapat darurat, konsultasi atau hal lainnya sehubungan konsep strategis yang akan diambil. Namun berbeda dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un yang dikabarkan justru selalu mendaki gunung....
  • HOT !
    Telah terjadi kecelakaan yang melibatkan dua kendaraan roda empat di Tol Cawang KM 00, Jakarta Timur sekitar pukul 04.20.  Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagara menyampaikan ada 13 korban karena kecelakaan maut tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)