home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Swiss Jadi Negara yang Memiliki Lintasan Kereta Api Paling Curam!

Senin, 28 Oktober 2013 19:30 by miko | 7014 hits
Swiss Jadi Negara yang Memiliki Lintasan Kereta Api Paling Curam!
wordpress.com

DREAMERSRADIO.COM - Di Indonesia mungkin tidak akan ditemui jalur kereta yang menanjak ke atas gunung. Tapi jika kamu ingin merasakannya, maka kamu bisa pergi ke Swiss dan naik kereta melintasi rel Pilatus. Karena terlalu tingginya, maka jalur ini diklaim sebagai lintasan kereta api paling curam didunia.

Jalur rel ini menghubungkan Alpanschstad di danau Lucerne dengan jalur dekat puncak Gunung Pilatus pada ketinggian 2.073 m. Tak hanya itu, tanjakan rel ini pun memiliki kemiringan lebih dari 1.600 meter sejauh 4,6 km dan menjadikan rel paling curam di dunia.

Dilansir dari Metro, jalur ini memiliki gradien rata-rata 38 persen dan maksimum 48 persen, yang lebih curam daripada jalan tercuram di dunia sekalipun. Lintasan kereta api ini mulai dikerjakan pada tahun 1873 dengan menggunakan perhitungan normal atau gradient maksimal 25 persen.

Namun usulan itu dinilai tidak ekonomis sehingga oleh desainernya, Eduard Locher, dimaksimalkan hingga 48 persen agar bisa menyingkat separuh dari total rute perjalanan. Sistem tradisional saat itu belum mampu mengatasi gradien ekstrim tersebut yang membuat kereta rawan keluar dari jalur rel.

Baca juga: Begini Kronologi Anak Sulung Ridwan Kamil Hilang Terseret Arus Sungai di Swiss

Namun Locher mengakali dengan menempatkan rak ganda horizontal antara dua rel dengan gigi rak yang saling dihadapkan. Langkah itu cukup berhasil namun akhirnya badan kereta dibuat dengan tali gantung selama perbaikan rel.

Jalur Pilatus ini pun dibukan pada 4 Juni 1889 dengan menggunakan kereta uap versi modern yang lewat pertama kali pada tahun 15 Mei 1937.  Kereta yang asli mengangkut 32 penumpang itu bergerak 3-4 km per jam sehingga membutuhkan waktu satu jam mencapai puncak gunung. Kini kereta elektrik bisa menampung 40 penumpang dan lebih cepat setengah jam untuk sampai di tujuan.

Walau jalur ini telah berusia 100 tahun tetapi jalur ekstrim ini tetap digunakan. Namun saat ini rute tersebut hanya beroperasi pada bulan Mei dan November, ketika jalur ini tidak tertutup salju, sedangkan untuk jadwal keberangkatan setiap 45 menit dalam sehari.

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)