SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Duh, Gelombang Setinggi Gedung Ancam Manusia

Jumat, 13 September 2013 18:57 by miko | 2690 hits
Duh, Gelombang Setinggi Gedung Ancam Manusia
menit.tv

DREAMERSRADIO.COM - Gelombang laut yang ada saat ini terlihat biasa-biasa saja, namun baru-baru ini peneliti dari University of Washington menemukan gelombang bawah laut terbesar dalam sejarah. Bahkan gelombang yang bergulung di kedalaman Samudera Pasifik tingginya melebih gedung pencakar langit.

Dilansir dari Softpedia, peneliti menulis dalam Jurnal Geophysical Research Letters mencatat ketinggian gelombang tersebut mencapai 244 meter sekaligus memecahkan rekor gelombang laut terbesar. Gelombang ini datang dengan lapisan-lapisan air laut yang memiliki perbedaan tekanan di tiap terjangannya.

Pada tiap terjangan gelombang rata-rata menyamai ketinggian yang dimiliki oleh gedung pencakar langit. Dalam tiap gelombang terkandung tekanan panas, energi, karbon, dan nutrisi. Meski menjadi gelombang raksasa yang ada di kedalaman laut, fenomena bawah laut ini membantu kehidupan ekosistem laut menuju permukaan laut dan berpindah wilayah.

“Sekarang ini seluruh bagian utara Samudera Pasifik terblokir dengan gelombang raksasa ini. Jumlah air yang mengalir menuju arah utara sangat luar biasa, yaitu 6 juta kubikmeter air per detik. Atau 35 kali lebih banyak dari air sungai Amazon,” ungkap kepala penelitian Matthew Alford.

Gelombang raksasa ini berada dikedalaman 4,8 kilometer di bawah permukaan Samudera Pasifik. Peneliti juga menambahkan, kemungkinan adanya gelombang besar seperti di kedalaman Samudera Pasifik juga bisa pecah di daerah lain.

Konon, gelombang bawah laut ini mempengaruhi kapal selam, pengeboran minyak serta kabel bawah laut. Bahkan, pesawat terbang juga mengalami gangguan akibat fenomena alam tersebut. Peneliti meyakini dampak gelombang laut mampu memengaruhi iklim planet.

Gelombang ini diyakini mengalir dan memilki jalur arus mulai dari Samudera Pasifik Utara, menuju Samudera Hindia melewati Laut Arafuru, dan Laut Timor yang memisahkan Kepulauan Indonesia dengan Benua Australia, kemudian mengalir terus menuju Samudera Atlantik.

Hal ini tentu menjadi ancaman manusia, jika gelombang laut yang sangat besar tersebut muncul ke permukaan, tentunya tsunami dahsyat bakal terjadi dan membahayakan kehidupan di daratan.

Komentar
  • HOT !
    Belum sampai 5 tahun, Gedung DPRD DKI memang sudah mengalami kerusakan beberapa kali. Baru baru ini, gedung senilai 500 miliar ini disebut sebut kembali mengalami kerusakan yang bisa membahayakan para pejalan kaki. Hingga sejak Rabu (13/12), akses pejalan kaki menuju gedung Balai Kota DKI Jakarta melalui DPRD DKI dialihkan....
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....
  • HOT !
    Meski praperadilan gugur dan resmi jadi terdakwa, kubu Setya Novanto mengajukan eksepsi atau nota keberatan atas surat dakwaan yang dibicarakan oleh Jaksa Penuntut Umum KPK. Kuasa Hukum Setnov beralasan ada sejumlah fakta yang tidak dimuat dalam surat dakwaan tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)