home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wow, Hiu Berjalan Jenis Baru Ditemukan di Indonesia

Senin, 02 September 2013 18:29 by miko | 4553 hits
Wow, Hiu Berjalan Jenis Baru Ditemukan di Indonesia
pikiran-rakyat.com

DREAMERSRADIO.COM - Kekayaan bumi Indonesia sudah tak dapat diragukan lagi. Kali ini satu lagi terungkap kekayaan hayati negeri ini. Pasal disekitar pulau Halmahera, Maluku, ilmuwan telah mengkonfirmasi penemuan spesies baru hiu berjalan di laut dari kawasan Segi Tiga Terumbu Karang.

Dilansir dari Reuters, Hiu jenis baru ini pertama kali diabadikan gambarnya oleh penyelam asal Inggris, Graham Abbott pada tahun 2007. Tetapi pada 2012 lalu, dua spesies hiu tersebut berhasil di koleksi yang kemudian di identifikasi melalui penelitian.

Lantas terkait namanya Hiu Berjalan, hal tersebut disesuaikan dengan arti berjalan dimana ikan itu seakan berjalan di dasar laut dengan meliukan siripnya untuk mencari mangsa. Meski demikian, hiu ini tidak seperti saudara lainnya yang terkenal buas. Hiu ini malah terlihat lebih jinak.

“Perbedaan signifikan spesies hiu berjalan ini adalah pada pola warnanya, utamanya adanya sepasang bintik di bagian bawah kepalanya. Sementara bintik-bintik yang ada di bawah kepala lainnya membentuk pola menyerupai huruf U,” tutur Mark Erdmann dari Conservation International.

Baca juga: Fenomena Hiu Bergerombol di Pinggir Pantai Nusa Dua Bali Hebohkan Warga

Sementara itu, warga lokal sendiri sebenarnya sering melihat keberadaan hiu yang panjangnya 68 cm ini, namun baru sekarang diketahui peneliti. Dinamai Hemiscyllum halmahera, hiu berjalan ini diumumkan dalam Journal of Ichtyology yang terbit pada Juli 2013.

Pemerintah pun berharap keberadaan hiu ini akan menjadi duta baru untuk mempromosikan pariwisata kelautan dan pelestariannya. Hingga kini baru ada sembilan spesies hiu berjalan yang ditemukan dan enam diantaranya ada di wilayah Indonesia. Sedangkan tiga lainnya tersebar terbatas di wilayah Papua Nugini dan utara Australia.

“Ini merupakan spesies hiu berjalan ketiga yang dideskripsikan dari Indonesia Timur dalam enam tahun terakhir,” jelas pakar hiu dari LIPI, Fahmi.

Hiu berjalan merupakan jenis hiu yang relatif baru dikenal dan sering disebut "hiu tokek". Mereka berhabitat di laut dangkal sehingga cara pernafasannya berbeda dan bisa berenang tapi hanya untuk melarikan diri dari predator. Jenis ini memiliki gigi untuk menggerus cangkang sehingga makanannya udang, kepiting dan hewan-hewan kecil lainnya.

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)