SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Indonesia Simpan Alquran 400 Tahun dari Kulit Onta

Rabu, 31 Juli 2013 17:47 by miko | 3426 hits
Indonesia Simpan Alquran 400 Tahun dari Kulit Onta
sindikasi.net

DREAMERSRADIO.COM - Indonesia merupakan negara yang mayoritas berpenduduk muslim terbesar di dunia. Sehingga banyak peninggalan Islam yang tersebar di Nusantara. Salah satunya adalah keluarga di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan yang memiliki Alquran yang terbuat dari kulit onta dan telah berusia 400 tahun.

Pria yang bernama Eky Rahman ini merupakan warga Jalan Gunung Semeru meyakini kalau Alquran yang didapatkan dari neneknya merupakan Alquran tertua. Bahkan kitab suci tersebut masih disimpan rapi oleh Eky meski beberapa bagian terlihat sobek dan berlubang.

Sementara itu, untuk sampul Alquran ini terbuat dari bahan kulit yang tebal, sedangkan pada bagian tengahnya masih terlihat utuh dengan tulisan tangan yang indah masih bisa dan jelas untuk dibaca. Pada bagian pinggir setiap lembar Alquran tersebut memiliki tulisan Arab seperti sebuah sandi. Sayangnya, Eky sendiri belum mengetahui arti dari sandi-sandi tersebut.

Baca juga: Pembuat Terompet Bersampul Alquran di Kupang Tertangkap, Bahan Baku Berasal dari Lamongan

Melongok ke belakang, Alquran ini terdapat tulisan lontara Bugis.Menurut Eky, Alquran tersebut sudah diturunkan hingga generasi ke-13, namun keluarga baru berani mempublikasikannya secara luas karena khawatir banyak pihak yang mengincarnya.

Sementara itu, Azhari, ibu dari Eky, menerangkan Alquran tersebut berusia antara 400 dan 500 tahun. Usianya setara dengan masuknya Islam ke Bone. Keluarga berjanji akan merawat Alquran tersebut hingga diteruskan ke generasi ke-14.

  • HOT !
    Terdakwa kasus terorisme Aman Abdurrahman yang dituntut hukuman mati oleh jaksa hari ini, Jumat (25/5), menjalani sidang pledoi atau pembelaan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Dalam keterangannya, Aman mengatakan hal cukup mengejutkan karena berbeda dari pemahaman soal jihad di mata masyarakat selama ini....
  • HOT !
    Masih dari dalam lingkup pemberitaan viral sebuah video anak remaja mengancam menembak Presiden Jokowi dengan kata kata kasar sambil bertelanjang dada. Disebut anak tersebut telah menyerahkan diri ke kepolisian....
  • HOT !
    Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud memang telah menunjuk anak kandungnya, Pangeran Mohammed bin Salman atau yang sering disapa MBS sebagai pewarisnya. Namun kini rencana tersebut harus terusik dengan seruan kudeta....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)