home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Indonesia Simpan Alquran 400 Tahun dari Kulit Onta

Rabu, 31 Juli 2013 17:47 by miko | 3623 hits
Indonesia Simpan Alquran 400 Tahun dari Kulit Onta
sindikasi.net

DREAMERSRADIO.COM - Indonesia merupakan negara yang mayoritas berpenduduk muslim terbesar di dunia. Sehingga banyak peninggalan Islam yang tersebar di Nusantara. Salah satunya adalah keluarga di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan yang memiliki Alquran yang terbuat dari kulit onta dan telah berusia 400 tahun.

Pria yang bernama Eky Rahman ini merupakan warga Jalan Gunung Semeru meyakini kalau Alquran yang didapatkan dari neneknya merupakan Alquran tertua. Bahkan kitab suci tersebut masih disimpan rapi oleh Eky meski beberapa bagian terlihat sobek dan berlubang.

Sementara itu, untuk sampul Alquran ini terbuat dari bahan kulit yang tebal, sedangkan pada bagian tengahnya masih terlihat utuh dengan tulisan tangan yang indah masih bisa dan jelas untuk dibaca. Pada bagian pinggir setiap lembar Alquran tersebut memiliki tulisan Arab seperti sebuah sandi. Sayangnya, Eky sendiri belum mengetahui arti dari sandi-sandi tersebut.

Baca juga: Pembuat Terompet Bersampul Alquran di Kupang Tertangkap, Bahan Baku Berasal dari Lamongan

Melongok ke belakang, Alquran ini terdapat tulisan lontara Bugis.Menurut Eky, Alquran tersebut sudah diturunkan hingga generasi ke-13, namun keluarga baru berani mempublikasikannya secara luas karena khawatir banyak pihak yang mengincarnya.

Sementara itu, Azhari, ibu dari Eky, menerangkan Alquran tersebut berusia antara 400 dan 500 tahun. Usianya setara dengan masuknya Islam ke Bone. Keluarga berjanji akan merawat Alquran tersebut hingga diteruskan ke generasi ke-14.

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)