SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Saat Ini, Warga Prancis Bisa Hina Presiden

Selasa, 30 Juli 2013 17:47 by miko | 2314 hits
Saat Ini, Warga Prancis Bisa Hina Presiden
berita.plasa.msn.com

DREAMERSRADIO.COM - Kebebasan mengeluarkan pendapat bagi warga negara Prancis sepertinya berlaku mutlak. Jika banyak negara menghina pemimpin negara bisa di pidanakan. Maka sebuah perubahan hukum Prancis dibuat agar warga negara bisa menghina Presiden Prancis.

Pada Kamis lalu (25/7) parlemen Prancis melakukan amandemen terhadap undang-undang yang dibuat pada tahun 1881, untuk mendukung kebebasan berpendapat. Jika sebelumnya setiap orang yang berusaha menyinggung kepala negara akan beresiko terkena denda, maka saat ini sudah tidak lagi khawatir.

Hal ini bermula pada Maret lalu, dimana Pengadilan Hak Asasi Manusia di Eropa mengatakan kalau negara tersebut telah melanggar kebebasan berekspresi dengan menjatuhkan denda karena menghina mantan Presiden Prancis Nicolas Sarkozy.

Baca juga: Studi: Anak Saat ini Tak Selincah Anak Jaman Dahulu

Penghinaan tersebut, dilakukan dengan mengulangi kata-kata yang Sarkozy sendiri telah gunakan sebelumnya dengan versi kasar dari versi kasar dari ‘pergilah kau!’. Sementara itu, dalam putusannya Pengadilan di Prancis menjatuhkan hukuman telah melanggar UU Kebebasan Pers Prancis pada tahun 1881.

Sedangkan pengadilan Eropa mengatakan hukuman dan denda sebesar 30 euro merupakan suatu tindakan yang tak proporsional. Mereka menganggap tindakan yang dilakukan oleh Pemerintah Perancis ini bisa menjadi efek yang tidak baik bagi kebebasan berdiksusi tentang isu publik.

Dilansir dari BBC, dengan adanya perubahan hukum tersebut,maka saat ini Presiden Prancis harus membuktikan telah terjadi fitnah atau pencemaran nama baik terhadap dirinya.

Komentar
  • HOT !
    Di era digital saat ini siapa pun bisa berpotensi menjadi terkenal dan kaya tanpa harus tampil di televisi. Hal itu dibuktikan oleh seorang bocah bernama Ryan, meski usianya masih 6 tahun namun ia mampu meraup penghasilan hingga USD 11 juta atau sekitar Rp 150 miliar karena YouTube. Lalu apa yang ia lakukan?...
  • HOT !
    Banjir, permasalahan dan solusinya sudah melekat pada DKI Jakarta, terutama pada masa pemerintahan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat. Beberapa program pun dilakukan keduanya untuk mengatasi banjir, mulai dari alat seperti pompa, hingga personil seperti pasukan oranye....
  • HOT !
    Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bidang Koordinator Politik dan Keamanan (Korpolkam) Fadli Zon ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPR setelah Setya Novanto resmi mundur dari jabatan tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)