SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

25 Juli, Bandara Terbesar di Asia Tenggara Siap Beroperasi

Senin, 22 Juli 2013 16:51 by miko | 20269 hits
25 Juli, Bandara Terbesar di Asia Tenggara Siap Beroperasi
runway-aviation.com

DREAMERSRADIO.COM - Sebentar lagi bangsa ini akan memiliki bandara terbesar di Asia Tenggara. Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan akan segera mengoperasi Bandara Internasional Kualanamu yang ada di Kabupaten Dili Serdang, Sumatera Utara pada 25 Juli 2013 mendatang.

Bandara ini dibangun untuk menggantikan fungsi Bandara Internasional Polonia, Medan. Dalam keterangan tertulisnya, operasional bandara dengan call sign KNO mulai 25 Juli 2013 pukul 00.01 WIB. Bandara ini menempati lahan seluas 1.365 hektar dam telah menghabiskan anggaran Rp 5,8 triliun dengan pengerjaan selama 6 tahun.

Dana investasi berasal dari kerja sama Kementerian Perhubungan melalui (APBN) sebesar Rp3,3 triliun, sedangkan PT Angkasa Pura II Rp2,5 triliun, dengan porsi pembiayaan 59:41.

Baca juga: Coba Tips dan Trik Ini Supaya Kopermu Keluar Lebih Dulu Saat di Bandara

Anggaran kementerian yang lebih besar itu digunakan untuk pembangunan, seperti persiapan tanah, pekerjaan runway, taxiway, apron, pembangunan gedung pemerintahan, pekerjaan navigasi hingga pembangunan bangunan operasional. Mulai Juni 2013, progres pelaksanaan ini, untuk sektor publik, telah mencapai 100 persen.

Sementara itu, bandara ini memiliki landasan pacu seluas 3750 x 60 meter dan mampu didarati pesawat jumbo seperti Boeing B747-400 dan mampu menampung pesawat sekelas airbus. Selain itu, bandara ini memiliki luas terminal penumpang 118.930 meter dan mampu menampung 8 juta  penumpang per tahun.

Dengan pengoperasian bandara ini, diharapkan bandara ini menjadi motor ekonomi bagi daerah sekitarnya dan Sumatera Utara. Selain itu, Dirjen Perhubungan Udara juga mengharapkan dukungan pemerintah provinsi setempat dalam hal penyediaan areal untuk pengembangan bandar udara ke depannya.

Sedangkan keunggulan bandara tersebut ketimbang bandara lainnya di Indonesia antara lain, sistem navigasi yang lebih canggih dan ada stasiun pengisian bahan bakar pesawat yang terintegerasi dengan bandara.

Komentar
  • HOT !
    Hadir dalam Aksi Bela Palestina di Monumen Nasional (Monas) pada Minggu (17/12), Pelaksana Tugas Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fadli Zon dalam orasinya mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo harus menyatakan Yerusalem sebagai ibu kota Palestina....
  • HOT !
    Ketua Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Zainudin Paru mengatakan, pihaknya akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang memenangkan Fahri Hamzah. ...
  • HOT !
    Mantan pejabat kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi), Anies Baswedan dan Sudirman Said diusung Partai Gerindra untuk menjadi calon kepala daerah. Ketua Partai Gerindra, Prabowo Subianto pun merasa beruntung karena Anies dan Sudirman Said ‘lulus cepat’ dari jabatan mereka karena terkena resuffle oleh Kepala Negara....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)