SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Rusia Miliki Bangunan Tertinggi dari Kayu

Minggu, 14 Juli 2013 01:00 by miko | 2037 hits
Rusia Miliki Bangunan Tertinggi dari Kayu
britannica.com

DREAMERSRADIO.COM - Bangunan pencakar langit memang telah banyak dimiliki setiap negara. Namun Rusia memiliki bangunan tertinggi yang berbeda dengan bangunan tinggi modern. Pasalnya bahan yang digunakan adalah kayu yang digunakan untuk membuat bangunan tinggi, salah satunya gereja berusia 150 tahun.

Bangunan kayu tertinggi ini terletak di Pulau Kizhi dekat dengan perbatasan Finlandia. Gereja Ortodoks ini berdiri 37,5 meter. Gereja yang bernama Kizhi Pogost ini mendapat gelasr dunia sebagai bangunan tertinggi yang seluruhnya terbuat dari kayu.

Para jemaat gereja pernah melakukan renovasi namun tetap menggunakan bahan kayu sesuai desain asli. Tak hanya itu, pembangunan gereja ini juga diselesaikan tanpa satupun menggunakan paku atau bahan besi pada 1862 silam.

Baca juga: Seorang Pria Memberondong Tembakan di Sebuah Gereja Texas, Puluhan Jemaat Tewas

Dilansir dari Reuters, di sana terdapat 22 kubah pada bagian atap bangunan dan 102 kubah mirip piramida di bagian dalam. Sedangkan tower berisi bel menjadi pusat doa jemaat Kristen Ortodoks layaknya Mekah bagi umat muslim.

Kizhi Pogost sendiri sudah ditetapkan sebagai cagar budaya Warisan Dunia oleh UNESCO pada 1990. Situs ini dianggap sebagai contoh langka dari desain arsitektur bangunan keagamaan.

Sebenarnya masih ada bangunan dari kayu yang lebih tinggi dari Kizhi Pogost yaitu ATLAS-I (Air Force Weapons Lab Transmission Aircraft Simulator). Bangunan itu berdiri setinggi 182 meter di New Mexico, Amerika Serikat. Namun bangunan era Perang Dingin tersebut menggunakan komponen bebahan metal untuk menyatukan bahan-bahan kayunya.

  • HOT !
    Remaja pelaku video yang mengancam akan menembak Presiden Jokowi yang berinisial RJT alias S (16) bersama ayahnya telah membuat video permintaan maaf. Namun kabar terakhir mengatakan ia tetap diproses hukum sesuai peraturan yang berlaku....
  • HOT !
    Hubungan cinta terlarang dan kelewat batas tercermin dari kasus kehamilan siswi SMP di Tulungagung, Jawa Timur oleh seorang siswa SD. Mengejar legalitas untuk menikah, Kantor Urusan Agama (KUA) sempat menolak pernikahan keduanya karena belum cukup umur....
  • HOT !
    Penyebaran konten digital kini harus lebih diperhatikan, karena jika terlalu sensitif bisa berakibat protes keras dari publik. Seperti yang dialami oleh seorang anggota DPRD Karawang bernama Hitler Nababan pada Selasa (22/5) ini....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)