SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Rusia Miliki Bangunan Tertinggi dari Kayu

Minggu, 14 Juli 2013 01:00 by miko | 2014 hits
Rusia Miliki Bangunan Tertinggi dari Kayu
britannica.com

DREAMERSRADIO.COM - Bangunan pencakar langit memang telah banyak dimiliki setiap negara. Namun Rusia memiliki bangunan tertinggi yang berbeda dengan bangunan tinggi modern. Pasalnya bahan yang digunakan adalah kayu yang digunakan untuk membuat bangunan tinggi, salah satunya gereja berusia 150 tahun.

Bangunan kayu tertinggi ini terletak di Pulau Kizhi dekat dengan perbatasan Finlandia. Gereja Ortodoks ini berdiri 37,5 meter. Gereja yang bernama Kizhi Pogost ini mendapat gelasr dunia sebagai bangunan tertinggi yang seluruhnya terbuat dari kayu.

Para jemaat gereja pernah melakukan renovasi namun tetap menggunakan bahan kayu sesuai desain asli. Tak hanya itu, pembangunan gereja ini juga diselesaikan tanpa satupun menggunakan paku atau bahan besi pada 1862 silam.

Baca juga: Seorang Pria Memberondong Tembakan di Sebuah Gereja Texas, Puluhan Jemaat Tewas

Dilansir dari Reuters, di sana terdapat 22 kubah pada bagian atap bangunan dan 102 kubah mirip piramida di bagian dalam. Sedangkan tower berisi bel menjadi pusat doa jemaat Kristen Ortodoks layaknya Mekah bagi umat muslim.

Kizhi Pogost sendiri sudah ditetapkan sebagai cagar budaya Warisan Dunia oleh UNESCO pada 1990. Situs ini dianggap sebagai contoh langka dari desain arsitektur bangunan keagamaan.

Sebenarnya masih ada bangunan dari kayu yang lebih tinggi dari Kizhi Pogost yaitu ATLAS-I (Air Force Weapons Lab Transmission Aircraft Simulator). Bangunan itu berdiri setinggi 182 meter di New Mexico, Amerika Serikat. Namun bangunan era Perang Dingin tersebut menggunakan komponen bebahan metal untuk menyatukan bahan-bahan kayunya.

Komentar
  • HOT !
    Presiden Rusia Vladimir Putin menelpon Presiden Amerika Serikat, Donald Trump untuk mengucapkan terima kasih atas informasi dari CIA yang membantu Rusia untuk menggagalkan serangan teroris yang direncanakan di Saint Petersburg, Minggu (17/12)....
  • HOT !
    Gelaran Djakarta Warehouse Project tahun ini justru mendapat tentangan setelah berhasil mengadakan acara serupa bertahun tahun belakangan. Sejak Kamis, massa anti DWP berunjuk rasa menolak dilaksanakannya acara musik tersebut....
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)