SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Inilah Tradisi Kembang Api Ekstrim di Jepang

Kamis, 04 Juli 2013 16:07 by miko | 2053 hits
Inilah Tradisi Kembang Api Ekstrim di Jepang
japan-guide.com

DREAMERSRADIO.COM - Diseluruh dunia setiap kemeriahan tentu tak lepas dari pesta kembang api. Namun di Jepang mereka memiliki tradisi tersendiri yang terkait dengan kembang api. Tradisi Tezutsu Hanabi merupakan  tradisi kembang api ekstrim yang mengundang decak kagum.

Tradisi kembang api di Jepang ini memang memiliki keunikan. Hal tersebut dilihat dari cara kembang api tersebut dinyalakan. Kembang api ini berupa batang bambu dengan diamameter 10 hingga 20cm yang diisi dengan bubuk mesiu yang dasarnya ditutup dengan tanah liat dan kertas.

Pembuat kembang api melakukannya dengan hati-hati karena 3 kg mesiu adalah jumlah yang banyak dan berbahaya jika meledak duluan. Sang pembuat itu sendiri juga yang menyalakannya dengan cara memegang bambu dengan lengannya sambil berdiri.

Baca juga: Sampai di Medan, Kahiyang Ayu Ikuti Tradisi Haroan Baru

Sedangkan, untuk keamanan digunakan pelapis tatami dan batang padi sebagai tali yang melingkari bambu sepanjang 80 cm itu. Meski sudah diajari secara turun temurun teknik memegang yang aman tapi para peserta tetap menggunakan pelindung badan. Namun mereka tidak mengenakan pelindung kepala untuk melindungi dari hujan kembang api di atas tubuh mereka.

Sementara itu, penggunaan batang bambu berasal dari jaman perang yang digunakan sebagai alat komunikasi jarak jauh. Dengan masuknya senapan, alat tersebut kini digunakan sebagai kembali api di perayaan kuil Yoshida di Toyohashi. Kembang api itu merupakan bagian dari Festival Gion yang paling menarik banyak perhatian wisatawan.

  • HOT !
    Perilaku mudik atau pulang kampung di Indonesia adalah hal yang sangat lumrah dilakukan ketika menuju Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Namun bukan hanya persiapan fisik, mental atau keperluan saja yang harus diperhatikan, informasi tentang akses dan jalur transportasi pun harus diketahui....
  • HOT !
    Presiden Donald Trump resmi mengeluarkan surat pembatalan pertemuan tingkat tinggi dengan Kim Jong Un, Pemimpin Tertinggi Korea Utara. Padahal sejatinya, pertemuan ini diharapkan masyarakat dunia soal perdamaian dan kepastian soal senjata nuklir yang belakangan sempat memanas....
  • HOT !
    Tidak hanya perlengkapan, kondisi fisik dan transportasi saja yang harus dipersiapkan oleh pelaku mudik setiap tahunnya. Namun juga informasi soal akses dan kesiapan jalur yang akan dilaluinya. Karena pemerintah telah menyampaikan progres kesiapan jalur di Pulau Jawa....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)