SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tebus Ijasah Anak, Sugiyanto Jajakan Ginjalnya

Rabu, 26 Juni 2013 17:22 by miko | 2723 hits
Tebus Ijasah Anak, Sugiyanto Jajakan Ginjalnya
sindikasi.net

DREAMERSRADIO.COM - Kondisi ekonomi dan sistem pendidikan yang belum berpihak pada rakyat kecil membuat Sugiyanto nekat menjajakan ginjalnya di Bunderah HI. Rencananya uang hasil penjualan organ tubuh ini akan digunakan untuk menebus ijasah SMP dan SMA anaknya, Sarah Melanda Ayu, yang ditahan pihak pesantren.

“Kenekatan saya menjual ginjal karena saya lelah mencari jalan keluar untuk menebus ijazah anak saya yang ditahan pihak Pesantren al Ashiriyah di Desa Waru, Parung, Bogor, Jawa Barat,” tuturnya didampingi sang anak.

Sekarang ini Sugiyanto membutuhkan uang sebesar Rp 17 juta untuk menembus ijasah anaknya. Ia menyayangkan pihak sekolah yang menahan ijasah anaknya.

“Saya disuruh bayar uang sebesar Rp17 juta yang di antaranya penebusan ijazah SMP Rp7 juta dan SMA Rp10 juta, serta biaya per hari kehidupan anak saya di pesantren sebesar Rp20 ribu selama tujuh tahun,” terangnya.

Ia juga menjelaskan, pada awal anaknya SMP tahun 2005 ada perjanjian tidak ada pungutan biaya sama sekali. Tetapi ketika salah satu pemimpin pesantren meninggal pada tahun 2010, peraturan pesantren berubah drastic.

“Karena peraturan pesantren sudah berubah secara drastis sejak pemimpin pesantren meninggal dan diteruskan oleh istrinya," terangnya.

Saat ini, Sugiyanto tinggal di daerah Jalan Kebon Dua Ratus, Tegal Alur, RT 07 RW 02, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat. Setiap hari dia mencari nafkah sebagai tukang jahit keliling. Sebelumnya, Sugiyanto juga sudah mendatangi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, serta Komnas HAM, namun usahanya tersebut sia-sia.

Komentar
  • HOT !
    Ketua Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Zainudin Paru mengatakan, pihaknya akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang memenangkan Fahri Hamzah. ...
  • HOT !
    Program OK OCE (One Kecamatan, One Center for Enterpreuneurship) milik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya, Sandiaga Uno pada masa kampanye Pilkada DKI Jakarta kembali menjadi sorotan. Pasalnya, dalam spanduk OK OCE saat kampanye memuat janji modal padahal program itu disebut Sandi tidak pernah memberi ‘janji modal’....
  • HOT !
    Anies Baswedan dan Sudirman Said merupakan mantan pejabat kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi). Anies dan Sudirman ‘lulus cepat’ dari jabatan mereka karena terkena resuffle oleh Kepala Negara. Meski demikian keduanya lantas diusung Partai Gerindra untuk menjadi orang nomor satu dalam pemerintahan daerah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)