home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tebus Ijasah Anak, Sugiyanto Jajakan Ginjalnya

Rabu, 26 Juni 2013 17:22 by miko | 2882 hits
Tebus Ijasah Anak, Sugiyanto Jajakan Ginjalnya
sindikasi.net

DREAMERSRADIO.COM - Kondisi ekonomi dan sistem pendidikan yang belum berpihak pada rakyat kecil membuat Sugiyanto nekat menjajakan ginjalnya di Bunderah HI. Rencananya uang hasil penjualan organ tubuh ini akan digunakan untuk menebus ijasah SMP dan SMA anaknya, Sarah Melanda Ayu, yang ditahan pihak pesantren.

“Kenekatan saya menjual ginjal karena saya lelah mencari jalan keluar untuk menebus ijazah anak saya yang ditahan pihak Pesantren al Ashiriyah di Desa Waru, Parung, Bogor, Jawa Barat,” tuturnya didampingi sang anak.

Sekarang ini Sugiyanto membutuhkan uang sebesar Rp 17 juta untuk menembus ijasah anaknya. Ia menyayangkan pihak sekolah yang menahan ijasah anaknya.

“Saya disuruh bayar uang sebesar Rp17 juta yang di antaranya penebusan ijazah SMP Rp7 juta dan SMA Rp10 juta, serta biaya per hari kehidupan anak saya di pesantren sebesar Rp20 ribu selama tujuh tahun,” terangnya.

Ia juga menjelaskan, pada awal anaknya SMP tahun 2005 ada perjanjian tidak ada pungutan biaya sama sekali. Tetapi ketika salah satu pemimpin pesantren meninggal pada tahun 2010, peraturan pesantren berubah drastic.

“Karena peraturan pesantren sudah berubah secara drastis sejak pemimpin pesantren meninggal dan diteruskan oleh istrinya," terangnya.

Saat ini, Sugiyanto tinggal di daerah Jalan Kebon Dua Ratus, Tegal Alur, RT 07 RW 02, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat. Setiap hari dia mencari nafkah sebagai tukang jahit keliling. Sebelumnya, Sugiyanto juga sudah mendatangi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, serta Komnas HAM, namun usahanya tersebut sia-sia.

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)