SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Nepal Miliki Bandara Ter-ekstrim di Dunia

Rabu, 26 Juni 2013 13:19 by miko | 4620 hits
Nepal Miliki Bandara Ter-ekstrim di Dunia
2nomads1narrative.com

DREAMERSRADIO.COM - Bandara merupakan tempat pendaratan pesawat yang memerlukan tempat yang strategis dan aman. Meski demikian, karena keterbatasan lahan, ada beberapa bandara didunia memiliki lokasi ekstrim atau tidak biasa sehingga memacu adrenalin penerbang dan penumpang, salah satunya di Nepal.

Bandara di Lukla, Nepal ini bernama Tenzing-Hillary tersebut diakui dunia sebagai bandara yang paling berbahaya dan mengerikan oleh para pilot diseluruh dunia. Letaknya diantara pegunungan Himalaya dengan landasan pacu sangat pendek dan belokan tajam.

Parahnya lagi, landasan tersebut berujung ke tepi gunung yang ada jurang menganga di bawahnya dan tebing di sisi berlawanan untuk mendarat. Dikenal juga sebagai bandara Lukla, para pendaki Himalaya mengakui mendarat di sana lebih mengerikan daripada naik gunung itu sendiri.

Baca juga: Coba Tips dan Trik Ini Supaya Kopermu Keluar Lebih Dulu Saat di Bandara

Lukla merupakan gerbang bagi para pendaki yang ingin menjelajahi Himalaya dengan berjalan kaki. Tak heran, bandara ini sangat sibuk dengan lalu lintas helikopter dan pesawat amatir setiap harinya. Lokasinya yang berada 10 ribu kaki dpl, bandara ini menambah kesulitan pendaratan dan penerbangan dengan lebar landasan 19 meter.

Pilot hanya mengandalkan penglihatan mata untuk navigasi yang cuacanya lebih sering berkabut tebal disertai angin kencang. Dengan gradien 12 persen, bandara ini juga menjadi salah satu yang memiliki landasan pacu paling curam di dunia.

Bandara Lukla dibangun oleh Sir Edmund Hillary pada 1965, yaitu 12 tahun setelah menaklukkan puncak Everest. Dengan adanya Lukla ini para pendaki cukup menghabiskan beberapa jam sampai di Kathmandu daripada naik bis dan jalan kaki selama 5 hari. Posisinya yang mengerikan juga telah menyebabkan sejumlah kecelakaan pesawat namun hal itu jarang terjadi.

Komentar
  • HOT !
    Menjelang akhir pidatonya tentang pengumuman Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel pada hari Rabu lalu, ada yang aneh dari cara berbicara Donald Trump. Trump kesulitan melafalkan kata kata secara jelas mirip gejala kelu lidah....
  • HOT !
    Marsekal TNI Hadi Tjahjanto telah resmi menjadi Panglima TNI usai Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyerahkan jabatan Panglima TNI dalam upacara serah terima jabatan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (9/12)....
  • HOT !
    Secara mengejutkan, Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R. Donovan memberi pernyataan jika keputusan Amerika menjadikan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel sudah melalui konsultasi dengan Indonesia. Tak butuh waktu lama, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi langsung bereaksi, begitu juga dengan Presiden Jokowi. ...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)