SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Semua Pohon Dijalan Ini Ditanam Oleh Astronot

Kamis, 30 Mei 2013 17:19 by miko | 1647 hits
Semua Pohon Dijalan Ini Ditanam Oleh Astronot
dreamersradio.com

DREAMERSRADIO.COM - Jika biasanya kita beranggapan kalau seorang astronot itu lebih memikirkan teknologi dan antariksa, namun di Kazakhtan ada tradisi unik yang diterapkan kosmonot (astronot Rusia) sebelum pergi ke Angkasa. Mereka menanam pohon di lokasi peluncuran roket tertua dan terbesar didunia.

Sehingga tak heran jika jalanan untuk mencapai lokasi ini semua pohonnya ditanam oleh Antariksawan. Tradisi unik ini ternyata telah berlangsung puluhan tahun. Kosmonot Rusia pertama yang menanam pohon sebelum ke luar angkasa adalah Yuri Gagarin pada tahun 1961. Pohon itu ditanam di jalan Avenue of Cosmonauts, yang berada di dalam komplek Baikonur Cosmodrome.

Dilansir dari Atlas Obscura, Baikonur Cosmodrome merupakan lokasi peluncuran roket tertua dan terbesar di dunia. Letaknya sangat terpencil di pedalaman Kazakhtan. Sedangkan kota terdekatnya Tyuratam. Avenue of Cosmonauts, tempat pohon itu ditanam, terletak persis di belakang Cosmonaut Hotel.

Saat ini jalan tersebut telah dipayungi oleh pohon-pohon tinggi yang berderet di sisi kiri dan kanan jalan. Papan bertuliskan nama kosmonot beserta tahunnya terpajang didepan masing-masing pohon.  Pohon milik Yuri Gagarin tentunya jadi yang tertinggi.

Tradisinya, penanaman pohon ini dilakukan sehari sebelum kosmonot pergi ke luar angkasa. Meski pada prakteknya bisa saja dilakukan seminggu sebelumnya, dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri Avenue of Cosmonauts.

Selain Yuri Gagarin, terdapat pula pohon yang ditanam oleh kosmonot wanita pertama yang pergi ke luar angkasa, Valentina Tereskhova. Meski awalnya tradisi ini dilakukan hanya oleh para kosmonot Rusia, sekarang banyak kosmonot dari berbagai negara yang juga menanamnya. Termasuk juga, NASA dari Amerika.

  • HOT !
    Terdakwa kasus terorisme Aman Abdurrahman yang dituntut hukuman mati oleh jaksa hari ini, Jumat (25/5), menjalani sidang pledoi atau pembelaan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Dalam keterangannya, Aman mengatakan hal cukup mengejutkan karena berbeda dari pemahaman soal jihad di mata masyarakat selama ini....
  • HOT !
    Masih dari dalam lingkup pemberitaan viral sebuah video anak remaja mengancam menembak Presiden Jokowi dengan kata kata kasar sambil bertelanjang dada. Disebut anak tersebut telah menyerahkan diri ke kepolisian....
  • HOT !
    Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud memang telah menunjuk anak kandungnya, Pangeran Mohammed bin Salman atau yang sering disapa MBS sebagai pewarisnya. Namun kini rencana tersebut harus terusik dengan seruan kudeta....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)