SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wow, Tanaman 600 Tahun Ditemukan Masih Hidup

Rabu, 29 Mei 2013 17:19 by miko | 2388 hits
Wow, Tanaman 600 Tahun Ditemukan Masih Hidup
sains.kompas.com

DREAMERSRADIO.COM - Penelitian terbaru dari University of Alberta menemukan bahwa tanaman yang tumbuh pada jaman es masih bisa meregenerasi. Bahkan tanaman berusia lebih dari 500 tahun ini kembali tumbuh dan mulai menghijau kembali.

Dilansir dari Examiner, tanaman sejenis Bryophytes (lumut), tanaman yang pernah hidup ratusan tahun lalu ditemukan kembali di Teardrop Glacier, Pulau Ellesmere di Kutub Utara Kanada. Tanaman yang tadinya berada di alam liar ini diambil dan diteliti dalam laboratorium.

Dari penanggalan karbon dari spesimen asli menunjukan bahwa tumbuhan tersebut berusia 400 hingga 600 tahun lalu atau di zaman es 1550-1850 masehi. Beberapa tanaman mulai tumbuh kembali di daerah yang telah digali oleh peneliti.

Baca juga: Wow, Jepang Ciptakan Bonsai yang Bisa Melayang di Udara!

Bryophytes memiliki kemampuan alami untuk menutup fisiologis selama pengeringan dan hidup kembali ketika kondisinya membaik. Ini bisa menjelaskan umur panjang dari tanaman yang ditutupi oleh es selama lima abad.

Akhirnya ketika es mencair, tanaman tersebut bisa terlahir kembali. Kesederhanaan anatomi dan fisiologi lumut ini menunjukkan bahwa makhluk hidup ini mampu beradaptasi dengan lingkungan iklim ekstrem.

Wikipedia menerangkan, Bryophyte merupakan sekumpulan tumbuhan kecil yang termasuk dalam Bryophytina. Tumbuhan ini telah menunjukkan diferensiasi tegas antara organ penyerap hara dan organ fotosintetik, namun belum memiliki akar dan daun sejati.

Komentar
  • HOT !
    Bukan hal asing para warga Korea Utara membelot atau kabur dari negaranya dan memasuki Korea Selatan. Mungkin banyak yang berpikir mereka melarikan diri karena tak tahan dengan peraturan negaranya, namun ternyata ada juga faktor lain....
  • HOT !
    Pelat nomor berakhiran ‘RF’ nampaknya bukan hal asing di jalanan ibu kota. Namun yang perlu diketahui, nomor polisi tersebut hanya diperuntukkan untuk kalangan tertentu dan ternyata tidak bisa dipergunakan untuk sembarang orang....
  • HOT !
    Warga dan pengunjung Pantai Peninsula, Nusa Dua, Bali digegerkan oleh datangnya sekumpulan ikan hiu yang sangat mendekat ke bibir pantai. Sempat terekam dalam video hingga jadi viral di media sosial yang dikabarkan telah bermunculan sejak Rabu (21/8)....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)