SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wow, Tanaman 600 Tahun Ditemukan Masih Hidup

Rabu, 29 Mei 2013 17:19 by miko | 2363 hits
Wow, Tanaman 600 Tahun Ditemukan Masih Hidup
sains.kompas.com

DREAMERSRADIO.COM - Penelitian terbaru dari University of Alberta menemukan bahwa tanaman yang tumbuh pada jaman es masih bisa meregenerasi. Bahkan tanaman berusia lebih dari 500 tahun ini kembali tumbuh dan mulai menghijau kembali.

Dilansir dari Examiner, tanaman sejenis Bryophytes (lumut), tanaman yang pernah hidup ratusan tahun lalu ditemukan kembali di Teardrop Glacier, Pulau Ellesmere di Kutub Utara Kanada. Tanaman yang tadinya berada di alam liar ini diambil dan diteliti dalam laboratorium.

Dari penanggalan karbon dari spesimen asli menunjukan bahwa tumbuhan tersebut berusia 400 hingga 600 tahun lalu atau di zaman es 1550-1850 masehi. Beberapa tanaman mulai tumbuh kembali di daerah yang telah digali oleh peneliti.

Baca juga: Wow, Jepang Ciptakan Bonsai yang Bisa Melayang di Udara!

Bryophytes memiliki kemampuan alami untuk menutup fisiologis selama pengeringan dan hidup kembali ketika kondisinya membaik. Ini bisa menjelaskan umur panjang dari tanaman yang ditutupi oleh es selama lima abad.

Akhirnya ketika es mencair, tanaman tersebut bisa terlahir kembali. Kesederhanaan anatomi dan fisiologi lumut ini menunjukkan bahwa makhluk hidup ini mampu beradaptasi dengan lingkungan iklim ekstrem.

Wikipedia menerangkan, Bryophyte merupakan sekumpulan tumbuhan kecil yang termasuk dalam Bryophytina. Tumbuhan ini telah menunjukkan diferensiasi tegas antara organ penyerap hara dan organ fotosintetik, namun belum memiliki akar dan daun sejati.

  • HOT !
    Proyek pembangunan patung Garuda Wisnu Kencana di Bali akhirnya akan rampung pada tahun 2018 ini setelah memakan waktu selama 28 tahun. Menurut perhitungan, pemasangan modul modul GWK akan selesai pada bulan Agustus mendatang....
  • HOT !
    Aksi serangan teror bom bunuh diri yang terjadi di Surabaya dan Sidoarjo, serta serangan di Mapolda Riau berimbas pada stigma pemakai atribut religius, seperti cadar atau pun celana menggantung atau cingkrang....
  • HOT !
    Bandara Internasional Changi di Singapura terkenal dengan fasilitas mewah, lengkap dan tentu pelayanan memuaskan. Salah satu pelayanan yang paling diidamkan dari sebuah bandara adalah ketepatan waktu....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)