SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Duh, Piramida Peninggalan Maya Dihancurkan

Jumat, 17 Mei 2013 10:00 by miko | 1352 hits
Duh, Piramida Peninggalan Maya Dihancurkan
anneahira.com

Walaupun tidak memiliki wilayah yang tidak luas, namun Belize dikenal sebagai negara yang banyak memiliki karakteristik yang spektakuler, salah satunya adalah peninggalan suku Maya. Tetapi sangat disayangkan peninggalan bersejarah tersebut kini runtuh.

Hal tersebut disebabkan sebuah perusahaan kontruksi di Belize yang menyendoki batu dari piramida besar dilokasi Nohmul yang memiliki arti gundukan besar. Salah satu dari 15 situs Maya kuno yang dicatat dalam Atlas Dunia National Geograpic.

Dilansir dari National Geograpic, Lembaga Nasional Budaya dan Sejarah Belize sebelumnya telah mencatat bahwa situs terus dihancurkan oleh petugas konstruksi jalan yang melibas gundukan itu untuk kerikil.

Tetapi saat ini hampir seluruh piramida dengan ketinggian lebih dari 60 meter tersebut telah dihancurkan oleh petugas pembangunan jalan, seperti dilaporkan oleh John Morris selaku Direktur penelitian di Belize Institut Arkeologi, yang dinaungi oleh Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan Belize.

Baca juga: Bikin Takjub, Remaja 15 Tahun Temukan Kota Maya Kuno Dengan Perangkat Ini

Pihak berwenang menemukan kehancuran ini akhir pekan lalu. Pada dasarnya, semua situs Maya kuno Belize dilindungi oleh hukum. Institut Arkeologi berencana untuk menyelidiki kerusakan dan meminta pihak berwenang membawa mereka ke pengadilan, kata Morris.

“Situs Maya Maya dikenal masyarakat setempat, bahkan dikenal juga oleh mereka yang telah bekerja di berbagai proyek di lokasi ini. Institut Arkeologi akan menggunakan kesempatan ini untuk benar-benar memulai kampanye kesadaran nasional mengenai pelestarian dan perlindungan negara,” ungkapnya.

Meskipun situs Nohmul belum dikembangkan untuk pariwisata, situs ini telah digali sejak awal tahun 1900-an dan tercatat sebagai situs pada tahun 1897. Nohmul, yang di ujung utara Belize, mengalami dua periode pembangunan, yang pertama pada 300 SM atau bahkan lebih awal.

Komentar
  • HOT !
    Hadir dalam Aksi Bela Palestina di Monumen Nasional (Monas) pada Minggu (17/12), Pelaksana Tugas Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fadli Zon dalam orasinya mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo harus menyatakan Yerusalem sebagai ibu kota Palestina....
  • HOT !
    Ketua Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Zainudin Paru mengatakan, pihaknya akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang memenangkan Fahri Hamzah. ...
  • HOT !
    Mantan pejabat kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi), Anies Baswedan dan Sudirman Said diusung Partai Gerindra untuk menjadi calon kepala daerah. Ketua Partai Gerindra, Prabowo Subianto pun merasa beruntung karena Anies dan Sudirman Said ‘lulus cepat’ dari jabatan mereka karena terkena resuffle oleh Kepala Negara....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)