SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mahasiswa Yogya Ciptakan Deteksi Pembuluh Darah Balita

Kamis, 16 Mei 2013 16:44 by miko | 2199 hits
Mahasiswa Yogya Ciptakan Deteksi Pembuluh Darah Balita
vibizportal.com

Pembuluh darah pada balita masih sangat halus dan rentan akan kerusakan jika terjadi kesalahan penyuntikan. Karena itulah diperlukan sebuah alat pendeteksi pembuluh darah balita, dan saat ini mahasiswa Yogyakarta.

Mahasiswa yang bernama Ade Pajar Pirdianto, merupakan mahasiswa Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang berhasil menciptakan alat pendeteksi pembuluh darah balita, agar dapat membantu penyuntikan.

“Terkadang tim medis juga mengalami kesulitan untuk melihat di mana letak pembuluh darah pada bayi, dengan adanya alat yang dirancang dengan sinar, yang bisa menembus pembuluh darah ini cocok untuk membantu pekerjaan para medis,” tuturnya di Kampus Terpadu UMY.

“Kita mengembangkannya menjadi lebih baik dan lebih efisien. Pada alat sebelumnya hanya digunakan untuk bayi usia kurang dari tiga bulan, sekarang kami mengembangkannya sampai usia dua tahun,” terangnya.

Baca juga: Duh, Pembuluh Darah Retina Pecah Karena Mainan Laser!

Sedangkan Muholidin, salah satu mahasiswa yang ikut mengembangkan alat pendeteksi pembuluh darah balita, mengatakan cara kerja alat ini mudah, hanya meletakan tangan bayi diatas alat tersebut, maka pembuluh darah bayi tersebut akan terlihat.

“Hal ini dikarenakan kami menggunakan sinar LED 4 pin yang memiliki kekuatan bias cahaya melebihi sinar LED lainnya, sehingga pembuluh darah bisa terlihat jelas,” tuturnya.

Alat ini juga sangat efisien, lanjut mahasiswa angkatan 2011 itu, bisa dilihat dari bentuknya yang sangat ringan dan mudah untuk dibawa. Alat yang sebelumnya sudah diuji pada balita usia dua tahun ini berhasil lolos babak kualifikasi dari LCEN bidang biomedik.

“Kami sangat bangga karena alat kami akan bersaing dengan penemuan lain dari seluruh universitas di Indonesia nantinya, kami berharap bisa menjadi yang terbaik, dan juga alat pendeteksi pembuluh darah balita ini bisa dimanfaatkan di dunia kesehatan secara luas,” terangnya.

Komentar
  • HOT !
    Mungkin tak banyak yang merasakan jika ada gempa terjadi pada dini hari tadi di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Memang tidak terbilang besar, yaitu di kekuatan magnitudo 3.9 mengguncang pada pukul 03.06 WIB....
  • HOT !
    Baru diberitakan pengakuan pelaku wanita di video syur perilaku seks menyimpang dari Garut mengatakan jika ia dipaksa suami untuk melakukan video seks secara beramai ramai, kini ditemukan lagi fakta baru oleh pihak kepolisian....
  • HOT !
    Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia Sabtu (17/8/2019) kemarin diwarnai insiden penangkapan 43 mahasiswa Papua di Surabaya. Penangkapan ini dilakukan berdasarkan pengaduan masyarakat mengenai adanya perusakan bendera Merah Putih yang diduga dilakukan oleh beberapa mahasiswa Papua....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)