SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wow, Pesawat Penumpang Ini Tak Dikendalikan Pilot

Selasa, 14 Mei 2013 14:33 by miko | 3527 hits
Wow, Pesawat Penumpang Ini Tak Dikendalikan Pilot
page2rss.com

Kecanggihan teknologi penerbangan saat ini memungkin pesawat penumpang tak lagi dikenadalikan oleh seorang pilot. Hal ini pun didemonstrasikan di Lancashire, Inggris, dimana pesawat terbang tanpa pilot berhasil mengakut awak hingga perjalanan sejauh 800 km.

Dikutip dari Newscientist, pesawat terbang tanpa pilot tersebut tetapi di program dan dipantau secara berkelanjutan oleh seorang pilot yang berada di darat. Penerbangan tersebut dimulai dari Wartnon di Lancashire menujuInverness di Skotlandia oleh British Aerospace Jetstream.

Aerospace Jetstream asal Inggris ini menciptakan tonggak sejarah baru yang juga dilakukan oleh anggota ASTRAEA. ASTRAEA merupakan konsorsium penelitian dengan dana 62 juta poundsterling untuk menciptakan teknologi yang memungkinkan pesawat sipil untuk berbagai wilayah udara mereka dengan pesawat tanpa awak (drone).

Walaupun pesawat tersebut diterbangkan tanpa pilot yang berada di pesawat, tetapi serangkaian pengujian dan persiapan sebelum meluncur tetap dilaksanakan. Sang pilot didarat tetap menangani kontrol ketika pesawat mengudara hingga bersiap melakukan pendaratan.

Baca juga: Polisi Tangkap Pilot Lion Air Saat Pakai Narkoba

Pesawat tanpa pilot ini menggunakan tenaga baling-baling dan memiliki kapasitas 19 orang penumpang. Pesawat ini tidak hanya autopilot, tetap juga dibekali teknologi deteksi dan kemampuan menghindar, sehingga pesawat tidak akan menabrak pesawat lain di udara.

Bahkan guna menguji sistem, objek palsu telah ditempatkan, di mana pesawat ini mampu menghindar melalui bantuan komputer.

“Karena kami berada di wilayah udara bersama, semua manuver kami uji menggunakan target sintetis. Setiap perubahan rute penerbangan disampaikan kepada pilot darat oleh kontrol trafik udara,” terang Lambert Dopping-Hepenstal, dari BAE Systems, Direktur Program ASTRAEA.

Komentar
  • HOT !
    Presiden Rusia Vladimir Putin menelpon Presiden Amerika Serikat, Donald Trump untuk mengucapkan terima kasih atas informasi dari CIA yang membantu Rusia untuk menggagalkan serangan teroris yang direncanakan di Saint Petersburg, Minggu (17/12)....
  • HOT !
    Gelaran Djakarta Warehouse Project tahun ini justru mendapat tentangan setelah berhasil mengadakan acara serupa bertahun tahun belakangan. Sejak Kamis, massa anti DWP berunjuk rasa menolak dilaksanakannya acara musik tersebut....
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)