SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Numpang Kirim Astronot, Nasa Bayar Rp 4 Triliun

Jumat, 03 Mei 2013 10:00 by miko | 1748 hits
Numpang Kirim Astronot, Nasa Bayar Rp 4 Triliun
duniasirkusdannie.wordpre

Amerika Serikat dan Rusia merupakan dua negara yang memiliki sarana dan prasarana paling lengkap di antariksa. Meski demikian, yang awalnya persaingan, kini mereka bekerja sama, bahkan Nasa harus membayar Rp 4 triliun untuk tumpangan astronotnya ke angkasa luar.

Badan Antariksa Amerika Serikat atau Nasa telah menghentikan proyek pengiriman astronot ke Stasiun Luar Angkasa Internasional atau International Space Station (ISS) pada 2011 lalu. Saat ini Nasa mengandalkan Rusia untuk menerbangkan astronot mereka ke ruang angkasa.

Artinya, Rusia menjadi satu-satunya negara yang bisa mengirimkan astronot ke Stasiun Luar Angkasa Internasional. Sedangkan kepala Nasa, Charles Bolden mengatakan, penyebab tidak bisa mengirimkan astronot karena minimnya dana yang diberikan pemerintah Barack Obama.

“Sampai tahun 2017, NASA tidak akan bisa mengirimkan awaknya ke luar angkasa,” tutur Bolden seperti dilansir CSMonitor.

Baca juga: Belajar Secara Otodidak, Ini Sosok Remaja Asal Tangerang yang Sukses Bobol Situs NASA

Untuk tetap bisa mengirimkan astronotnya ke Stasiun Luar Angkasa, NASA akhirnya membuat kesepakatan dengan Badan Antariksa Rusia untuk menerbangkan astronot dengan menggunakan pesawat ruang angkasa Soyuz.

Dalam kontrak dengan Rusia, NASA akan mengirimkan enam astronotnya pada tahun 2016 dan 2017. Rusia pun meminta bayaran sebesar US$424.000.000, setara Rp4 triliun untuk enam orang astronot.

Artinya, satu orang astronot harus membayar US$70 juta atau sekitar Rp688 miliar. Harga tersebut telah dinaikkan Rusia, dari sebelumnya per US$65 juta, setara Rp632 miliar, per astronot.

Komentar
  • HOT !
    Bukan hal asing para warga Korea Utara membelot atau kabur dari negaranya dan memasuki Korea Selatan. Mungkin banyak yang berpikir mereka melarikan diri karena tak tahan dengan peraturan negaranya, namun ternyata ada juga faktor lain....
  • HOT !
    Pelat nomor berakhiran ‘RF’ nampaknya bukan hal asing di jalanan ibu kota. Namun yang perlu diketahui, nomor polisi tersebut hanya diperuntukkan untuk kalangan tertentu dan ternyata tidak bisa dipergunakan untuk sembarang orang....
  • HOT !
    Warga dan pengunjung Pantai Peninsula, Nusa Dua, Bali digegerkan oleh datangnya sekumpulan ikan hiu yang sangat mendekat ke bibir pantai. Sempat terekam dalam video hingga jadi viral di media sosial yang dikabarkan telah bermunculan sejak Rabu (21/8)....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)