SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Numpang Kirim Astronot, Nasa Bayar Rp 4 Triliun

Jumat, 03 Mei 2013 10:00 by miko | 1715 hits
Numpang Kirim Astronot, Nasa Bayar Rp 4 Triliun
duniasirkusdannie.wordpre

Amerika Serikat dan Rusia merupakan dua negara yang memiliki sarana dan prasarana paling lengkap di antariksa. Meski demikian, yang awalnya persaingan, kini mereka bekerja sama, bahkan Nasa harus membayar Rp 4 triliun untuk tumpangan astronotnya ke angkasa luar.

Badan Antariksa Amerika Serikat atau Nasa telah menghentikan proyek pengiriman astronot ke Stasiun Luar Angkasa Internasional atau International Space Station (ISS) pada 2011 lalu. Saat ini Nasa mengandalkan Rusia untuk menerbangkan astronot mereka ke ruang angkasa.

Artinya, Rusia menjadi satu-satunya negara yang bisa mengirimkan astronot ke Stasiun Luar Angkasa Internasional. Sedangkan kepala Nasa, Charles Bolden mengatakan, penyebab tidak bisa mengirimkan astronot karena minimnya dana yang diberikan pemerintah Barack Obama.

“Sampai tahun 2017, NASA tidak akan bisa mengirimkan awaknya ke luar angkasa,” tutur Bolden seperti dilansir CSMonitor.

Baca juga: Heboh Kaum 'Flat Earth Society', Foto-foto Ini Jadi Bukti Jika Bumi Benar Bulat dan Tidak Datar?

Untuk tetap bisa mengirimkan astronotnya ke Stasiun Luar Angkasa, NASA akhirnya membuat kesepakatan dengan Badan Antariksa Rusia untuk menerbangkan astronot dengan menggunakan pesawat ruang angkasa Soyuz.

Dalam kontrak dengan Rusia, NASA akan mengirimkan enam astronotnya pada tahun 2016 dan 2017. Rusia pun meminta bayaran sebesar US$424.000.000, setara Rp4 triliun untuk enam orang astronot.

Artinya, satu orang astronot harus membayar US$70 juta atau sekitar Rp688 miliar. Harga tersebut telah dinaikkan Rusia, dari sebelumnya per US$65 juta, setara Rp632 miliar, per astronot.

  • HOT !
    Sempat ‘mesra’ antara Presiden Jokowi dan Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang membuat spekulasi koalisi di Pilpres 2019 mendatang, hubungan itu kini kabarnya terusik dengan merenggangnya hubungan antar kedua partai....
  • HOT !
    Gunung Merapi mengalami tiga kali letusan freatik pada Senin (21/5) di mana statusnya yang di awal normal naik menjadi waspada pada pukul 23.00. Hal ini dilakukan karena adanya peningkatan aktivitas freatik yang diikuti dengan gempa VT dan gempa tremor....
  • HOT !
    Setelah diberitakan dalam kondisi kritis pada pekan lalu karena berjuang melawan penyakit yang dideritanya, pimpinan alias bos perusahaan raksasa Korea Selatan, LG Group yang bernama Koo Bon Moo meninggal dunia....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)