SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Numpang Kirim Astronot, Nasa Bayar Rp 4 Triliun

Jumat, 03 Mei 2013 10:00 by miko | 1685 hits
Numpang Kirim Astronot, Nasa Bayar Rp 4 Triliun
duniasirkusdannie.wordpre

Amerika Serikat dan Rusia merupakan dua negara yang memiliki sarana dan prasarana paling lengkap di antariksa. Meski demikian, yang awalnya persaingan, kini mereka bekerja sama, bahkan Nasa harus membayar Rp 4 triliun untuk tumpangan astronotnya ke angkasa luar.

Badan Antariksa Amerika Serikat atau Nasa telah menghentikan proyek pengiriman astronot ke Stasiun Luar Angkasa Internasional atau International Space Station (ISS) pada 2011 lalu. Saat ini Nasa mengandalkan Rusia untuk menerbangkan astronot mereka ke ruang angkasa.

Artinya, Rusia menjadi satu-satunya negara yang bisa mengirimkan astronot ke Stasiun Luar Angkasa Internasional. Sedangkan kepala Nasa, Charles Bolden mengatakan, penyebab tidak bisa mengirimkan astronot karena minimnya dana yang diberikan pemerintah Barack Obama.

“Sampai tahun 2017, NASA tidak akan bisa mengirimkan awaknya ke luar angkasa,” tutur Bolden seperti dilansir CSMonitor.

Baca juga: Heboh Kaum 'Flat Earth Society', Foto-foto Ini Jadi Bukti Jika Bumi Benar Bulat dan Tidak Datar?

Untuk tetap bisa mengirimkan astronotnya ke Stasiun Luar Angkasa, NASA akhirnya membuat kesepakatan dengan Badan Antariksa Rusia untuk menerbangkan astronot dengan menggunakan pesawat ruang angkasa Soyuz.

Dalam kontrak dengan Rusia, NASA akan mengirimkan enam astronotnya pada tahun 2016 dan 2017. Rusia pun meminta bayaran sebesar US$424.000.000, setara Rp4 triliun untuk enam orang astronot.

Artinya, satu orang astronot harus membayar US$70 juta atau sekitar Rp688 miliar. Harga tersebut telah dinaikkan Rusia, dari sebelumnya per US$65 juta, setara Rp632 miliar, per astronot.

Komentar
  • HOT !
    Di era digital saat ini siapa pun bisa berpotensi menjadi terkenal dan kaya tanpa harus tampil di televisi. Hal itu dibuktikan oleh seorang bocah bernama Ryan, meski usianya masih 6 tahun namun ia mampu meraup penghasilan hingga USD 11 juta atau sekitar Rp 150 miliar karena YouTube. Lalu apa yang ia lakukan?...
  • HOT !
    Banjir, permasalahan dan solusinya sudah melekat pada DKI Jakarta, terutama pada masa pemerintahan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat. Beberapa program pun dilakukan keduanya untuk mengatasi banjir, mulai dari alat seperti pompa, hingga personil seperti pasukan oranye....
  • HOT !
    Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bidang Koordinator Politik dan Keamanan (Korpolkam) Fadli Zon ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPR setelah Setya Novanto resmi mundur dari jabatan tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)