SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ilmuwan RI Temukan Pemindai Otak 4 Dimensi

Selasa, 16 April 2013 17:15 by miko | 2174 hits
Ilmuwan RI Temukan Pemindai Otak 4 Dimensi
zoelradio.com

Kemampuan manusia Indonesia tak bisa dianggap remeh oleh negara maju. Saat ini saja, ilmuwan Indonesia, Warsito P Taruno, untuk pertama kalinya memamerkan temuannya, pemindai otak 4 dimensi yang diberi nama Brain Activity Scanner berbasis medan listrik statis.

Tak hanya itu, temuan yang telah dipatenkan lembaga paten dunia, WIPO/PTO pada tahun 2006 pada International Symposium on Biomedical Imaging yang diselenggarakan oleh IEEE di San Francisco, Amerika Serikat pada 7-11 April 2013 lalu.

IEEE merupakan organisasi ilmiah profesional internasional terbesar di dunai yang memilikilebih dari 425 ribu anggota di seluruh dunia. Ruang lingkup aktivitasnya mencakup pengembangan inovasi teknologi termaju di hampir seluruh bidang, membuat standarisasi teknologi, dan menggelar aktivitas profesional dan pendidikan.

“ECVT digunakan untuk mengukur sinyal-sinyal listrik yang dihasilkan dari aktivitas otak manusia dan merekonstruksi citra volumetrik-nya,” tutur Warsito P Taruno, dalam keterangan tertulis.

Teknologi pertama di dunia ini bisa melakukan pemindaian terhadap aktivitas otak manusia secara 4D dan real time. Dalam aplikasinya, bisa digunakan untuk studi terhadap otak manusia dan menangkap abnormalitas yang terjadi pada otak seperti epilepsi dan Alzheimer.

Sementara itu, pria kelahiran Solo 46 tahun yang lalu itu menjabat direktur eksekutif CTECH Labs Edwar Technology, sebuah lembaga riset swasta yang fokus pada pengembangan teknologi di bidang pemindaian untuk industri dan kedokteran, serta teknologi kesehatan untuk terapi dan diagnostik penyakit kanker.

CTECH Labs berkantor di komplek Business Technology Incubation Center (BTIC) di kawasan bisnis baru Alam Sutera, Tangerang Selatan, yang dikelola oleh Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia (MITI). Terinspirasi oleh Silicon Valley, Palo Alto, lembaga ini ditujukan mempromosikan hasil riset untuk aplikasi di industri dan mendorong munculnya perusahaan-perusahaan berbasis teknologi tinggi di Tanah Air.

Komentar
  • HOT !
    Maraknya peredaran narkotika di Indonesia membuat meningkatnya status darurat narkoba. Penyebaran itu tidak bisa dipungkiri juga berasal dari beberapa negara tetangga dengan oknumnya yang memasarkan barang haram itu masuk Indonesia....
  • HOT !
    Meski hanya wilayah Amerika Serikat yang terkena dampak gerhana matahari total selama beberapa menit, dunia turut menyambutnya dengan suka cita. Terutama dengan foto foto penampakan gerhana itu di pemberitaan dan sosial media....
  • HOT !
    Tidak hanya kepolisian, namun Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan atau PPATK tengah melakukan penelusuran terkait aset yang dimiliki PT First Travel kini. Perusahaan travel itu sedang naik daun lantaran gagal memberangkatkan 35 ribu jemaah beribadah Umrah dengan total dugaan penipuan 550 miliar....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : arsy
Cast : Cast: JiHyun, GD BIGBANG, Jungkook BTS, Jimin BTS, Suga BTS

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)