SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pengamat : Hapuskan UN!

Selasa, 16 April 2013 13:14 by miko | 2831 hits
Pengamat : Hapuskan UN!
rri.co.id

Kisruh yang terjadi pada penyelenggaraan Ujian Nasional tahun ini banyak menerima kritikan. Setelah adanya keterlambatan UN maka banyak pemerhati pendidikan yang menjadikan momentum tersebut untuk menghapuskan UN sebagai syarat kelulusan siswa.

Sementara itu, menurut Mohammad Abduhzen selaku pengamat pendidikan dari Universitas Paramadina, mengatakan sudah waktunya UN dihapus . Hal tersebut karena dari tahun ke tahun pelaksanaan UN tidak menjadi lebih baik, tetapi lebih buruk.

Hal ini bukan karena tertundanya UN di 11 propinsi dan kekurangan naskah soal. Tetapi UN menjadi tradisi bagi sekolah untuk berbuat curang. Sepertinya adanya pembagian jawaban kepada siswa hingga manipulasi nilai sekolah atau siswa membeli bocoran jawaban.

Bahkan, Kepala Departemen Penelitian dan Pengembangan Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) ini juga tidak setuju kalau masalah UN itu dianggap sekadar masalah teknis seperti dilansir Kemendikbud. Dia menjelaskan, permasalahan yang terjadi ialah pada kesalahan manusia yang terkait dengan sistem kerja dan tata kelola dari Kemendikbud sendiri.

Tak hanya itu, Abduhzen pun mengatakan seharus UN dihapuskan. Dengan adanya penundaan ini tentunya akan menambah panjang masa ketegangan dan memberikan kelelahan mental oleh siswa. Selain merugikan dari sisi finasial.

“Siswa itu dari Krayan harus terbang dulu ke Tarakan. Pesawatnya hanya terbang sekali seminggu. Lalu dari Tarakan ke Malinau dilanjutkan dengan speedboat selama empat jam. Di Malinau mereka harus sewa kos. Lalu jika UN ditunda mereka harus menambah biaya kos. Apa mau mendikbud menanggung biaya tambahan ini?” tambahnya.

  • HOT !
    Setelah pembatalan oleh Presiden Amerika Serikat Donald Trump soal pertemuan tingkat tinggi dengan Kim Jong Un, Pemimpin Tertinggi Korea Utara, pihak Korea Selatan ternyata melakukan pertemuan dengan Kim Jing Un....
  • HOT !
    Terdakwa kasus terorisme Aman Abdurrahman yang dituntut hukuman mati oleh jaksa hari ini, Jumat (25/5), menjalani sidang pledoi atau pembelaan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Dalam keterangannya, Aman mengatakan hal cukup mengejutkan karena berbeda dari pemahaman soal jihad di mata masyarakat selama ini....
  • HOT !
    Hubungan cinta terlarang dan kelewat batas tercermin dari kasus kehamilan siswi SMP di Tulungagung, Jawa Timur oleh seorang siswa SD. Mengejar legalitas untuk menikah, Kantor Urusan Agama (KUA) sempat menolak pernikahan keduanya karena belum cukup umur....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)