home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pengamat : Hapuskan UN!

Selasa, 16 April 2013 13:14 by miko | 2919 hits
Pengamat : Hapuskan UN!
rri.co.id

Kisruh yang terjadi pada penyelenggaraan Ujian Nasional tahun ini banyak menerima kritikan. Setelah adanya keterlambatan UN maka banyak pemerhati pendidikan yang menjadikan momentum tersebut untuk menghapuskan UN sebagai syarat kelulusan siswa.

Sementara itu, menurut Mohammad Abduhzen selaku pengamat pendidikan dari Universitas Paramadina, mengatakan sudah waktunya UN dihapus . Hal tersebut karena dari tahun ke tahun pelaksanaan UN tidak menjadi lebih baik, tetapi lebih buruk.

Hal ini bukan karena tertundanya UN di 11 propinsi dan kekurangan naskah soal. Tetapi UN menjadi tradisi bagi sekolah untuk berbuat curang. Sepertinya adanya pembagian jawaban kepada siswa hingga manipulasi nilai sekolah atau siswa membeli bocoran jawaban.

Bahkan, Kepala Departemen Penelitian dan Pengembangan Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) ini juga tidak setuju kalau masalah UN itu dianggap sekadar masalah teknis seperti dilansir Kemendikbud. Dia menjelaskan, permasalahan yang terjadi ialah pada kesalahan manusia yang terkait dengan sistem kerja dan tata kelola dari Kemendikbud sendiri.

Tak hanya itu, Abduhzen pun mengatakan seharus UN dihapuskan. Dengan adanya penundaan ini tentunya akan menambah panjang masa ketegangan dan memberikan kelelahan mental oleh siswa. Selain merugikan dari sisi finasial.

“Siswa itu dari Krayan harus terbang dulu ke Tarakan. Pesawatnya hanya terbang sekali seminggu. Lalu dari Tarakan ke Malinau dilanjutkan dengan speedboat selama empat jam. Di Malinau mereka harus sewa kos. Lalu jika UN ditunda mereka harus menambah biaya kos. Apa mau mendikbud menanggung biaya tambahan ini?” tambahnya.

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)