SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Semua Kendaraan Umum di Ibukota Estonia Gratis

Selasa, 09 April 2013 17:15 by miko | 1679 hits
Semua Kendaraan Umum di Ibukota Estonia Gratis
sindikasi.net

Jika Jokowi masih disibukan bagaimana mengatasi kemacetan yang terjadi di Jakarta, maka di Ibukota Estonia, sebuah program telah sukses diterapkan. Pasalnya Walikota Tallinn telah menggratiskan seluruh kendaraan umum untuk warganya, sehingga banyak warga yang memilih transportasi umum.

Dilansir dari Reuters, Tallinn menjadi  ibukota pertama di dunia yang memberikan transportasi umum gratis untuk semua warganya, tanpa terkecuali. Mereka hanya membutuhkan kartu transit yangn membuktikan kalau dirinya benar tercatat tinggal di Tallin.

Dengan memperlihatkan kartu transit tersebut, maka warga bisa naik bus, angkot dan trem secara gratis. Caranya, ketika naik kendaraan kartu tersebut digesekan ke alat pembaca elektronik. Jika hal tersebut tak dilakukan, maka bisa terkena denda 40 euro atau Rp 500 ribu.

Kebijakan ini digagas oleh Walikota Edgar Savisaar yang bertekad menekan angka kemacetan dan polusi, sambil mengurangi biaya hidup warga yang miskin. Ia menyebut programnya itu sebagai gaji ke-13. Karena berkat kebijakan itu maka setiap kepala keluarga bisa melakukan penghematan setara belanja satu bulan.

Baca juga: Malas Terjebak Macet, Pria Ini Nekat Berenang Ke Kantor!

Sementara itu, Wakil Walikota Taavi Aas mengklaim ujicoba ini telah berhasil dengan memuaskan dan program ini memakan anggaran 12 juta euro per tahun (Rp 150 miliar). Dinas Transportasi mencatat jumlah penumpang naik 10 persen, sedangkan mobil yang lalu lalang turun 15 persen.

Lalu jajak pendapat yang dilakukan pemkot menunjukkan bahwa 9 dari 10 warga kota puas dengan proyek tersebut. Transportasi umum gratis sebenarnya bukan hal baru, namun Tallin menjadi ibu kota negara pertama yang melakukannya.

Sebelumnya Hasselt di Belgia dan Colomiers di Perancis dan beberapa kota di China sudah mengaplikasikannya. Taavi mengklaim Tallinn adalah kota terbesar setelah Changning di China yang menggratiskan transportasi publik.

Komentar
  • HOT !
    Berbagai peristiwa datang silih berganti. Banyak kabar mengejutkan sekaligus membahagiakan yang mengisi hari hari di minggu kedua bulan Desember tahun 2017 ini. Mulai dari ranah berita lokal internasional hingga seleb Korea....
  • HOT !
    Artis Dewi Persik dipertemukan dengan anggota polisi yang disebutnya mengawal ketika berusaha menerobos jalur busway yang viral di pemberitaan dan media sosial. Namun ada perbedaan pendapat dan hal ini disebutkan oleh Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra....
  • HOT !
    Komisi Komunikasi Korea Selatan pada hari Rabu mengumumkan adanya serangkaian kebijakan baru untuk mengekang membludak nya konten tak pantas di situs microblogging milik Amerika, Tumblr. Negeri Gingseng itu akan memastikan penerapannya dapat diterapkan ke perusahan Korea dan asing yang berbasis internet....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)