home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Varian Virus COVID-19 Mutasi Lokal Asal Indonesia Dipantau WHO, Seberapa Bahaya?

Rabu, 28 Juli 2021 12:00 by rizaluthfiah | 656 hits
Varian Virus COVID-19 Mutasi Lokal Asal Indonesia Dipantau WHO, Seberapa Bahaya?
Image Source : Nice Matin

DREAMERS.ID - Salah satu varian terbaru virus Covid-19 yaitu B1466.2 telah masuk daftar Alert for Further Monitoring yang mana tengah dipantau oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yang dilaporkan pertama kali ditemukan di Indonesia pada November 2020 lalu.

Melansir dari laman detik, varian B14662 ini masuk ke dalam klasifikasi Alerts for Further Monitoring WHO pada 28 April 2021. Namun belum masuk klasifikasi variant of concern (VoC) varian yang dikhawatirkan, maupun variant of interest (VoI).

Direktur Pencegahan dan Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kementerian Kesehatan RI dr Siti Nadia Tarmizi tidak menolak kemungkinan tersebut. Namun, kepastiannya tentu kembali pada kajian WHO. "Bisa jadi (masuk VoC/VoI), tergantung," jelas dr Nadia, mengutip detik (27/7).

Seperti diketahui, varian baru corona yang masuk daftar VoC diyakini memiliki penularan lebih cepat, hingga potensi gejala COVID-19, bahkan ada dampak pada efektivitas vaksin Corona.

"Nanti itu WHO yang menentukan dengan para ahli-nya," sambung dr Nadia saat ditanya kemungkinan varian lokal masuk VoC atau VoI. 

Hingga kini, beberapa varian Corona berbahaya yang sudah masuk Indonesia adalah varian Corona Delta (B1617.2), Delta Plus (AY.1), varian Alpha (B117), varian Beta (B1351). Total varian Corona berbahaya yang paling mendominasi di Indonesia adalah varian COVID-19 Delta yaitu 897 kasus per 24 Juli.

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)