home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Masuk Fase Tenggelam, Serpihan dan Barang KRI Nanggala 402 Ditemukan

Sabtu, 24 April 2021 16:18 by reinasoebisono | 570 hits
Masuk Fase Tenggelam, Serpihan dan Barang KRI Nanggala 402 Ditemukan
Image source: Antara

DREAMERS.ID - Harapan dalam pencarian kapal selam KRI Nanggala 402 yang disebut memiliki live-support kadar oksigen hingga jam 3 dini hari tadi akhirnya menemukan titik terang. Serpihan dan barang dari kapal selam tersebut akhirnya ditemukan.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyebut status KRI Nanggala-402 menuju fase tenggelam atau sub-sink usai temuan serpihan, barang, serta tumpahan minyak. Sebelumnya, TNI masih menyebut kapal selam buatan Jerman itu masih dalam fase sub-missed alias hilang kontak, mengutip CNN Indonesia.

"Pagi dini hari tadi, merupakan batas akhir live suport berupa ketersediaan oksigen di Nanggala selama 72 jam," ujarnya, dalam konferensi pers dari Bali, Sabtu (24/4).

"Unsur-unsur TNI AL menemukan tumpahan minyak dan serpihan yang jadi bukti otentik menuju fase tenggelamnya KRI Nanggala," lanjut Hadi. 

Baca juga: Update Terbaru: Seluruh Awak KRI Nanggala 402 Dinyatakan Gugur

Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono pun menambahkan jika serpihan yang ditemukan di perairan Bali itu diyakink sebagai komponen kapal selam. Di antaranya, pelurus tabung torpedo, pipa pendingin, botol berwarna oranye yang berfungsi untuk pelumasan naik turun kapal selam, alas yang dipakai ABK, serta spons.

"Ditemukan beberapa kepingan dan barang di sekitar lokasi terakhir kapal menyelam yang diyakini bagian komponen kapal selam. Ini tak akan terangkat apabila tidak ada tekanan atau keretakan," ungkap dia.

"Barang-barang ini tidak dimiliki umum dan di sekitar radius 10 mile tidak ada kapal lain yg melintas, dan dari ahli mantan-mantan ABK Nanggala dan pembuat kapal selam ini diyakini barang milik Nanggala," imbuh Yudo.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, KRI Nanggala 402 dilaporkan hilang kontak saat latihan menembak torpedo pada Rabu (22/4) pukul 03.00 WITA. Penyebabnya diduga black out.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Bentrokan kekerasan atas Yerusalem meningkat secara dramatis pada hari Senin (10/5), di mana setidaknya 20 orang, termasuk sembilan anak anak, tewas oleh serangan udara Israel yang diluncurkan setelah kelompok militan Palestina menembakkan roket di dekat Yerusalem....
  • HOT !
    Tidak hanya dari kalangan artis, namun ada juga tokoh tokoh penting asal Korea Selatan yang hampir tidak memiliki haters atau orang yang membencinya dikarenakan kepribadian yang sempurna dan memiliki hati bagaikan malaikat....
  • HOT !
    Selama bulan Ramadhan, seluruh umat Muslim diwajibkan untuk menjalani ibadah puasa. Namun, ada juga mitos yang bermunculan yang terkadang masih dipercayai oleh beberapa orang saat berpuasa....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Brenda, Daniel, Rafael.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)