home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Seteru Cina dan Korea Selatan Makin Panas yang Berdampak ke Dunia Hiburan

Rabu, 31 Maret 2021 12:32 by muthiasp | 2592 hits
Seteru Cina dan Korea Selatan Makin Panas yang Berdampak ke Dunia Hiburan
Dreamers.id

DREAMERS.IDHubungan antara Korea Selatan dan Cina kini semakin panas dengan banyaknya konflik baru. Dimulai sejak tahun 2017 karena sistem pertahaan rudal berbasis darat atau Terminal High Altitude Are Defense (THAAD), hingga perebutan makanan tradisional yang memberikan dampak besar kepada dunia hiburan.

Kembali ke tahun 2017 lalu, Cina marah besar saat Amerika Serikat menempatkan sistem pertahaan rudal berbasis darat atau Terminal High Altitude Are Defense (THAAD) di Korea Selatan. Buntutnya, Cina mengancam menutup semua pintu bisnis Korea Selatan di Cina.

Bahkan beberapa artis negeri ginseng sudah diboikot untuk tampil di Cina, begitu pula sebaliknya. Semua produk budaya maupun lainnya dari antar negara dikecam di masing-masing wilayah.

Di tahun 2020, publik Korea dibuat geram dengan Cina yang mengklaim kimchi sebagai makanan asli negeri tirai bambu. Hal itu bisa jadi dipicu karena Cina menjadi pemasok kimchi di Korea, dikarenakan Korea sempat krisis kimchi yang diakibatkan oleh banjir bandang.

Baca juga: Pendiri Grup Chat Eksploitasi Seks 'Nth Room' Divonis 34 Tahun Penjara

Publik Korea pun menjadi sensitif dengan apapun yang berbau Cina, termasuk yang ada di drama Korea. Penempatan iklan produk Cina menuai pro kontra, seperti yang terjadi dalam drama True Beauty, Vinzenco, hingga terakhir adalah Joseon Exorcist yang sampai dihentikan tayang.

Selain itu, isu perlakuan tidak manusiawi Cina terhadap minoritas Uighur untuk memetik kapas di Xinjiang juga menjadi polemik baru. Cina mengancam beberapa retail busana maupun produk sepatu untuk terus menggunakan kapas Xinjiang, jika tidak ingin usahanya tutup.

Banyak negara mengecam aksi Cina terhadap muslim Uighur. Buntutnya, Victoria f(x) mundur dari posisinya sebagai model H&M, yang ikut mengkritisi isu tersebut. Jackson GOT7 dan Lay EXO juga memutuskan kontraknya sebagai model Adidas dan Converse.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Kasus ruang obrolan atau grup chat Nth Room yang digunakan untuk kejahatan seksual masih berjalan. Kini, pendirinya yang bernama Moon Hyung Wook telah dijatuhi hukuman 34 tahun penjara....
  • HOT !
    Presiden Joe Biden pada hari Kamis (18/3) menginstruksikan semua fasilitas umum, termasuk Gedung Putih dan instalasi militer, untuk menghormati para korban penembakan mematikan di Atlanta....
  • HOT !
    Belakangan ini rumor bully yang dilakukan oleh para artis Korea, baik idola K Pop maupun aktor dan aktris, begitu panas. Gerakan yang disebut #MeToo versi sekolah ini sudah menyeret belasan artis....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)