home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Rusia Setujui UU Kekebalan Hukum Bagi Presiden

Kamis, 24 Desember 2020 17:15 by RandyW | 267 hits
Rusia Setujui UU Kekebalan Hukum Bagi Presiden
Image Source: Media Indonesia

DREAMERS.ID - Presiden Rusia Vladimir Putin menyetujui rencana undang-undang kekebalan hukum seumur hidup bagi mantan presiden Rusia. Bagian dari perubahan (amandemen) undang-undang dasar yang disepakati oleh penduduk Rusia melalui jajak pendapat pada musim panas lalu.

Mengutip dari AFF via detik, menurut undang-undang itu, mantan presiden dan seluruh keluarganya diberikan kekebalan hukum dari proses penyelidikan terhadap dugaan pelanggaran hukum yang dilakukan semasa mereka hidup.

Termasuk melarang polisi atau jaksa menangkap, menginterogasi serta menggeledah kediaman mantan presiden jika yang bersangkutan diduga terlibat pelanggaran hukum.

Baca juga: Rusia Mengklaim Vaksin Sputnik Ampuh Kalahkan Mutasi Corona Baru

Mereka juga menyetujui supaya Putin, yang saat ini berusia 68 tahun, bisa menjabat sebagai presiden sampai 2036. Sebelumnya, UU Kekebalan Hukum bagi mantan presiden Rusia hanya diberikan kekebalan hukum jika dia melakukan pelanggaran selama masa jabatannya.

Di sisi lain, UU itu juga mengizinkan para mantan presiden itu menjadi anggota dewan atau senat seumur hidup. Pengajuan RUU itu dilakukan hanya beberapa hari setelah tokoh oposisi Alexei Navalny mengklaim berhasil memperdaya seseorang yang diduga agen badan intelijen Rusia (FSB).

(rnd)

Komentar
  • HOT !
    Pada 14 April, pesan teks yang dibagikan antara ibu angkat Jung In, Jang dan ayah angkat, Ahn dirilis ke publik oleh Pengadilan Distrik Seoul. Isi pesan menunjukkan bahwa orang tua angkat sengaja menelantarkannya....
  • HOT !
    Pada 9 April lalu, Royal Family mengonfirmasi bahwa Pangeran Philip meninggal dunia di usia 99 tahun. Padahal pada 10 Juni mendatang, Duke of Edinburgh itu akan genap berusia 100 tahun....
  • HOT !
     Hubungan antara Korea Selatan dan Cina kini semakin panas dengan banyaknya konflik baru. Dimulai sejak tahun 2017 karena sistem pertahaan rudal berbasis darat atau Terminal High Altitude Are Defense (THAAD), hingga perebutan makanan tradisional yang memberikan dampak besar kepada dunia hiburan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : nurindahmukharromah
Cast : Oh Sehun, Lee Kirin (You), Im Nami (Kirin's Friend), Tao (Kirin's Friend), Byun Baekhyun,

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)