home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Vaksin Corona Sinovac Tiba di Indonesia, Lalu Kapan Bisa Disuntikkan?

Selasa, 15 Desember 2020 11:20 by RizkiSetiawaan | 300 hits
Vaksin Corona Sinovac Tiba di Indonesia, Lalu Kapan Bisa Disuntikkan?
Image Source:detik.com

DREAMERS.ID - Vaksin Corona dari Sinovac, China sudah dikantongi oleh pemerintah Indonesia. Vaksin tersebut datang sebanyak 1,2 juta, tetapi vaksinasi baru bisa akan dilakukan setelah mendapatkan perizinan dari emergency use authorization (EUA) dari Badan POM.

Ketua Komite Penanganan covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto menjelaskan pada saat ini BPOM masih menunggu data datang dari Sinovac.

"Dan tentu ini kita berharap bahwa emergency use authorization dapat segera diterbitkan oleh Badan POM, dan Badan POM masih menunggu daripada data-data yang disampaikan oleh Sinovac," kata Airlangga, kemarin Senin (14/12/2020), mengutip detik.  

Dan selain itu BPOM juga sedang menunggu hasil clinical trial vaksin corona sinovac di Bandung, dan juga clinical trial di Brasil. Untuk yang di Brasil, Menteri Koordinator Perekonomian itu menjelaskan selesai Selasa (15/12/2020). Melalui kabar tersebut, BPOM diharapkan dapat mengeluarkan persetujuan untuk penggunaan vaksin corona untuk keperluan darurat.

"Tentunya dengan data-data yang ada diharapkan secara saintifik, Badan POM bisa mengeluarkan emergency use authorization. Nah, pelaksanaan program ini tentu kita dorong untuk membangkitkan rasa aman dan kepercayaan masyarakat, tidak hanya untuk melakukan konsumsi tetapi untuk berkegiatan sehari-hari," tambahnya.

Baca juga: Ini Tanggal Presiden Jokowi Disuntik Pertama Vaksin Corona, Kapan Izin Darurat Turun?

Sementara itu pemerintah juga belum menetapkan harga vaksin mandiri atau berbayar. Pemerintah juga menegaskan belum menetapkan harga vaksin corona. Hal itu untuk menepis info yang beredar di media sosial mengenai harga vaksinasi covid-19.

Juru bicara dari pemerintah sekaligus Direktur Pencengahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmidzi menegaskan hal tersebut untuk meredam simpang siur informasi.

"Pemerintah melalui Keputusan Menteri Kesehatan no. 9860/2020 telah menetapkan 6 jenis vaksin COVID-19 yang dapat digunakan di Indonesia, yaitu vaksin produksi Bio Farma, AstraZeneca, Sinopharm, Moderna, Pfizer/BioNTech, dan Sinovac," kata dia melalui keterangan tertulis, Minggu (13/12/2020).

Kehadiran dan penggunaan dari vaksin corona tersebut dalam program vaksinasi di Indonesia. dijelaskan masih dinamis menguikuti proses pengadaan dan izin penggunaanya. Pemerintah juga memastikan belum menetapkan harga dari vaksin covid-19 yang akan digunakan di Indonesia.

"Informasi yang beredar saat ini tidak dapat dijadikan rujukan dan kami himbau masyarakat untuk menunggu pengumuman resmi pemerintah terkait vaksin dan vaksinasi COVID-19. Informasi resmi akan dapat diakses di situs kemkes.go.id, dan covid-19.go.id," paparnya.

(kiki)

Komentar
  • HOT !
    Tiga mantan eksekutif Loen Entertainment “Shin”, “Lee”, dan “Kim” telah dinyatakan bersalah dalam persidangan pertama mereka atas tuduhan mencuri royalti saat perusahaan itu mengoperasikan platform musik Melon....
  • HOT !
    E commerce Weverse Shop milik Big Hit Entertainment dikabarkan tengah menghadapi penyelidikan dari pengadilan konsumen. Dilaporkan bahwa konsumen yang melakukan pembelian dari Weverse Shop pada bulan April 2020, telah terlibat dalam kasus yang tidak terselesaikan dengan toko selama 8 bulan hingga sekarang....
  • HOT !
    Baru baru ini, tagar #Deepfake_StrictPunishment menjadi trending di Korea Selatan karena banyak yang menyerukan hukuman keras bagi mereka yang memproduksi atau mengonsumsi video semacam itu. Korbannya kebanyakan idola K Pop wanita....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Brenda, Daniel, Rafael.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)