home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

BPOM Pastikan Vaksin Covid-19 yang Digunakan Berstandar Internasional

Kamis, 10 Desember 2020 15:10 by RandyW | 271 hits
BPOM Pastikan Vaksin Covid-19 yang Digunakan Berstandar Internasional
Image Source: Media Indonesia

DREAMERS.ID - Vaksin Covid-19 yang diterima BPOM akan di evaluasi lebih lagi untuk mamastikan keamanan dan strandar yang telah ditetapkan. Selain itu Majelis Ulama Indonesia (MUI) diharapkan dapat memastikan aspek kehalalannya.

Kepalada BPOM, Dr. Ir. Penny K. Lukito mengatakan pihaknya sedang melakukan evaluasi dengan menggunakan standar yang merujuk dari WHO, US FDA dan EMA.

"Proses evaluasi yang dijalankan BPOM menggunakan standar yang merujuk kepada standar Internasional seperti WHO, US FDA dan EMA," tutur Dr Penny, dikutip dari detik.

'Tindak Lanjut Kedatangan Vaksin Covid-19: Kebijakan Lanjutan, Uji Mutu, dan Kedisiplinan Protokol Kesehatan' di Media Center Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), ditulis dalam keterangan pers pada Senin (7/12/2020)

Baca juga: Menilik Skema Pembagian Vaksin COVID-19 Gratis di Korsel, Target Herd Immunity per November

Beberapa parameter dalam mengevaluasi vaksin diantaranya uji potensi, uji kadar antigen, uji toksisitas abnormal dan uji endotoksin. Pengujian ini dilakukan untuk memastikan bahwa vaksin mempunyai mutu yang sesuai dengan persyaratan.

Melansir dari laman detik, Badan POM bersama dengan Komite Nasional Penilai Obat, ITAGI dan para pakar akan melakukan evaluasi untuk mendapatkan hasil keputusan persetujuan penggunaan vaksin, dengan pertimbangan kemanfaatan yang jauh lebih besar dari risiko yang ditimbulkan.

"Ketika vaksin ini mulai digunakan dalam program vaksinasi Covid-19 pada waktu yang ditetapkan oleh pemerintah, Badan POM sesuai dengan tugas dan fungsinya, akan tetap dan terus mengawal khasiat, keamanan dan mutu vaksin dalam peredaran,"

Hasil pemeriksaan Badan POM saat itu adalah semua dokumen dan nomor batch serta suhu penyimpanan selama perjalanan sudah sesuai dengan yang dipersyaratkan rata-rata di suhu 5 derajat Celcius dengan persyaratan 2-8 derajat celcius.

(rnd)

Komentar
  • HOT !
    Masjid Al Aqsa adalah situs suci penting dalam Islam, terletak di Kota Tua Yerusalem. Setelah Masjid al Haram ('Masjid Agung' Mekah) dan Al Masjid an Nabawi ('Masjid Nabawi' di Madinah), Al Aqsa adalah situs paling suci bagi umat Islam....
  • HOT !
    Pada 4 Mei, Korea Exchange mengumumkan bahwa SM Entertainment dan YG Entertainment statusnya menurun dari perusahaan blue chip menjadi bisnis menengah biasa karena kinerja, yang dinilai buruk dan meningkatnya kerugian ekuitas....
  • HOT !
    Korea Selatan punya tokoh muslim yang terbilang sangat berpengaruh di sana yakni Dr. Hamid Choi Yong Kil. Namanya menjadi perbincangan karena diketahui menjadi orang pertama yang membuat terjemahan Al Quran dalam bahasa Korea....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Brenda, Daniel, Rafael.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)