home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Keren, 5 Negara Ini Berikan Vaksin Corona Gratis untuk Warganya

Sabtu, 05 Desember 2020 07:30 by RizkiSetiawaan | 552 hits
Keren, 5 Negara Ini Berikan Vaksin Corona Gratis untuk Warganya
Image Source:Dreamers.id

DREAMERS.ID - Vaksin corona kini menjadi barang penting yang harus dimiliki setiap negara. Diantara pembahasan harga vaksin apabila sudah tersedia, lima negara ini justru sudah berjanji akan memberikan vaksin corona secara gratis kepada warganya.

Adalah Jepang, Belgia, dan Arab Saudi, Prancis, dan Hong Kong yang sudah berkomitmen untuk memberikan vaksin corona gratis untuk rakyatnya. Negara Hong Kong sendiri telah mengalokasikan miliaran untuk menjamin vaksin sampai ke semua masyarakat.

Melansir CNBC Indonesia, berikut ke 5 negara yang menggratiskan vaksin corona:

Prancis

Vaksinasi terhadap Covid-19 di Prancis akan dimulai pada Januari 2021 mendatang. Pemerintah sudah mulai membuat skema. Perdana Menteri Jean Castex mengatakan, awalnya vaksin akan diberikan ke satu juta lansia. Di Februari, vaksin akan diberi ke 14 juta orang lainnya yang berisiko.

"Prancis akan memiliki potensi 200 juta dosis, yang akan memungkinkan 100 juta orang divaksinasi," katanya dikutip AFP, Jumat (4/12/2020) seraya menyebut akan diperlukan dua suntikan untuk masing-masing warga dalam jarak beberapa minggu.

Jepang

Mengikuti UU yang baru disetuji pada hari Rabu (2/12) lalu, Jepang juga akan memberikan vaksin Covid-19 secara gratis kepada semua penduduknya. Tetapi tidak jelas apakah penduduk asing yang tinggal disana juga akan mendapatkan vaksin gratis.

Jepang saat ini sudah menyetujui vaksin dengan perusahaan raksasa farmasi Amerika Serikat, Pfizer Inc, Moderna Inc, dan perusahaan Inggris AstraZeneca. Vaksin akan cukup untuk 145 juta penduduk, di mana pemerintah mengalokasikan anggaran hingga US$ 6,4 miliar atau setara dengan Rp 90 triliun rupiah.

Baca juga: Bocoran Kriteria Anak yang Bisa Diadopsi Kekaisaran Jepang Sebagai Pewaris Tahta

Arab Saudi

Arab Saudi juga akan memberikan vaksin covid-19 secara gratis, yang ditunjukan kepada 705 warga dan ekpatria yang belum terjangkit Covid-19 di negara tersebut. Asisten Wakil Menteri untuk Kesehatan Preventif, Dr. Abdullah Asiri mengatakan bahwa yang akan diprioritaskan adalah mereka yang belum positif terjangkit.

Warga di bawah 16 tahun juga belum akan divaksinasi. Kecuali, ada penelitian dan tes lanjutan yang membuktikan vaksin efektif ke kelompok itu. Asiri juga mengatakan pengumuman resmi akan disampaikan pemerintah dalam beberapa minggu mendatang. Vaksinasi sendiri ditargetkan selesai akhir 2021.

Belgia

Pemerintah Belgia mengatakan bahwa pihaknya akan memberikan vaksin virus corona secara gratis untuk sekitar 70 persen dari populasi, atau sekitar delapan juta penduduk pada 16 November lalu.

"Tujuannya untuk memvaksinasi setidaknya 70 persen dari populasi. Kelompok prioritas akan ditentukan berdasarkan opini ilmiah dan debat sosial. Vaksinasi gratis untuk setiap warga negara," kata Menteri Kesehatan Frank Vandenbroucke dalam konferensi kesehatan antar kementerian, dikutip dari AFP via CNBC Indonesia.

Hong Kong

Menteri Kesehatan Hong Kong Sophia Chan mengatakan negaranya berencana memberikan vaksin Covid-19 gratis untuk semua penduduknya. Kabar baik ini muncul saat kota itu memerangi gelombang keempat infeksi Covid-19.

Pemerintah telah mengalokasikan HK$ 10 atau setara Rp 18,2 miliar (asumsi RP 1.811/HK$) untuk mempromosikan dan mendidik warga Hong Kong mengenai program vaksin gratis tersebut.

(kiki)

Komentar
  • HOT !
    Selasa, 14 September menjadi momen bersejarah bagi BTS yang secara resmi dilantik sebagai utusan khusus Presiden Korea Selatan Moon Jae In untuk diplomasi publik. Ketujuh membernya juga diberikan paspor diplomatik dan pulpen sebagai bagian dari peran mereka....
  • HOT !
    Korea Utara selama ini sangat anti dengan konten hiburan dari Korea Selatan bahkan mengibaratkannya sebagai penyakit kanker bagi anak muda. Namun belakangan ini, perhatian mereka teralihkan kepada serial D.P....
  • HOT !
    D.P merupakan series terbaru dari Netflix yang dirilis pada 27 Agustus 2021 lalu, yang merupakan nama unit Deserter Pursuit dari Polisi Militer. Meski diadaptasi dari webtoon, banyak yang merasa D.P terasa begitu nyata....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : ichigofresh
Cast : salad di surabaya timur

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)