home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tiga Fakta Kasus Kebakaran Gedung Kejaksaan Agung yang Masih Janggal

Senin, 02 November 2020 13:10 by RizkiSetiawaan | 249 hits
Tiga Fakta Kasus Kebakaran Gedung Kejaksaan Agung yang Masih Janggal
Image Source: kabar24.bisnis.com

DREAMERS.ID - Kasus kebakaran Gedung Kejaksaan Agung yang terjadi pada Agustus lalu, masih banyak menimbulkan pertanyaan besar. Walaupun fakta kebakaran dari penyebab kebarakan telah ditemukan, namun masih menyisakan sejumlah pertanyaan.

Melansir Kompas (2/11), ada tiga fakta yang menimbulkan pertanyaan baru dan mungkin belum terungkap berikut ini.

1. Api Merambat Cepat

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa polisi telah menyimpulkan penyebab kebakaran gedung Kejaksaan Agung adalah puntung rokok yang tidak sengaja dibuang oleh pekerja bangunan. Yang menjadi pertanyaan besar adalah bagaimana puntung rokok dapat menyebabkan kebakaran yang begitu besar hanya dalam waktu 3 jam dan menghanguskan seluruh gedung.

Kesimpulan dari tim Puslabfor, menemukan alat pembersih yang tidak sesuai ketentuan yaitu minyak lobi yang mengandung tiner dan solar berada di setiap lantai, sehingga membuat kebakaran cepat terjadi.

2. Rekaman CCTV yang Hilang

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Awi Setiyono mengatakan bahwa akibat dari kebakaran gedung tersebut, rekaman CCTV di seluruh gedung hilang lantaran DVR (Digital Video Recorder) alias alat perekam CCTV rusak terbakar.

Menurut Bonyamin Saiman, Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI), hilangnya rekaman CCTV itu dinilai bisa menguntungkan penyelidikian kasus besar Jaksa Pinangki. Terlebih, lokasi kebakaran merupakan kantor dari Jaksa Pinangki.

3. Proyek Ilegal

Kabarnya, pekerjaan renovasi yang tengah dilakukan di gedung utama Kejaksaan Agung itu tidak dianggarkan. Artinya, proyek itu ilegal. "Betul, proyek tersebut ilegal," kata Brigjen Pol Alwi Setiyono. Lantas, bagaimana bisa proyek ilegal ada di institusi pemerintah?

(kiki)

Komentar
  • HOT !
    Kementerian Pertahanan Korea Selatan menekankan bahwa perlunya "kehati hatian" dalam mempertimbangkan apakah akan mengizinkan pembebasan dinas militer aktif untuk superstar K pop BTS dan artis top lainnya, dengan alasan populasi negara yang menyusut dan faktor lainnya....
  • HOT !
    Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of the Korean Society of School Health, mengatakan bahwa penggemar obsesif K pop dan mereka yang memiliki minat mendalam pada bidang tertentu lainnya cenderung lebih bahagia daripada yang lain....
  • HOT !
    Putri Charlotte anak dari Pangeran William dan Kate Middleton disebut sebut sebagai anak terkaya di dunia. Menurut studi perusahaan mainan, Electric Rides on Cars, kekayaan bersih Putri Charlotte sebesar £ 3,6 miliar atau sekitar Rp 70 triliun....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)