home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

BTS Ditaksir Bawa Dampak Ekonomi Senilai 21 Triliun Hanya dengan ‘Dynamite’

Senin, 07 September 2020 15:00 by fzhchyn | 528 hits
BTS Ditaksir Bawa Dampak Ekonomi Senilai 21 Triliun Hanya dengan ‘Dynamite’
Image source: Big Hit Entertainment

DREAMERS.ID - Pemerintah Korea melalui Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata memperikirakan bahwa dampak ekonomi senilai 1,7 triliun won (sekitar 21 triliun rupiah) akan tercipta dari penaklukan BTS atas chart Billboard Hot 100 yang fenomenal.

Seperti diketahui, pada minggu lalu, BTS berhasil menduduki puncak chart bergengsi Billboard itu dengan lagu berbahasa Inggris pertama mereka ‘Dynamite’, menjadikannya sebagai grup Korea pertama yang mencapai prestasi tersebut.

Menurut laporan yang diterbitkan bersama oleh Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata serta Institut Kebudayaan dan Pariwisata Korea, pencapaian tersebut diproyeksikan untuk menghasilkan 1,23 triliun won (sekitar 15,2 triliun rupiah) yang diciptakan di sektor produksi dan nilai tambah 480 miliar won (sekitar 5,9 triliun rupiah). Sekitar lebih dari 8.000 pekerjaan juga kemungkinan akan tercipta berkat pencapaian pertama BTS di chart Hot 100.

Melansir Yonhap News, nilai tersebut diukur dengan pendapatan gabungan dari agensi yang menaungi grup, Big Hit Entertainment, bea cukai dan statistik bank sentral, serta data Google Trend. Studi tersebut memperkirkan bahwa Big Hit akan memperoleh 245,7 miliar (sekitar 3 triliun rupiah) dari penjualan global ‘Dynamite’, berdasarkan pendapatan dari album grup sebelumnya ‘Map of the Soul: 7’.

Baca juga: Fans BTS Kritik Keras HYBE Lewat Karangan Bunga Belasungkawa, Ini Ucapannya

Ekspor barang konsumsi yang berasal dari debut ‘Dynamite’ diperkirakan meningkat 371,7 miliar won (sekitar 4,6 triliun rupiah), termasuk 276,3 miliar won (sekitar 3,4 triliun rupiah) dari penjualan kosmetik di luar negeri dan 74,1 miliar won (sekitar 920 miliar rupiah) dari makanan.

Kementerian mengatakan bahwa telah mengecualikan dampak kemenangan pada industri pariwisata lokal, seperti peningkatan pengunjung asing ke Korea Selatan, karena pandemi COVID-19 telah menganggu perjalanan ke luar negeri selama berbulan-bulan dan menyebabkan serangkaian pembatalan konser.

Pihak kementerian menambahkan bahwa dampak ekonomi yang dihasilkan oleh performa BTS yang mengesankan itu kemungkinan akan berkembang lebih jauh terkait dengan peningkatan citra dan nilai brand Korea Selatan nanti.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Momen menarik terlihat di acara penetapan presiden terpilih di gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4) hari ini). Prabowo Subianto terlihat akan memeluk Anies Baswedan sambil mengguncang tubuh rival Pilpresnya itu setelah selesai berpidato....
  • HOT !
    Tragedi penembakan mematikan di gedung konser Moskow menelan sedikitnya 137 jiwa dan pihak Rusia bergerak cepat dengan berhasil menangkap empat orang dan mendakwa mereka. Kesemuanya didakwa melakukan Tindakan terorisme....
  • HOT !
    Badan anak anak di bawah naungan PBB, UNICEF mengatakan jika lebih dari 13.000 anak anak sudah meninggal dunia di Gaza selama serangan Israel. PBB juga menambahkan jika kini banyak anak anak yang menderita malnutrisi atau kekurangan gizi parah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)