home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Anak Muda di Korea Selatan Cenderung Tak Ketat Soal Social Distancing

Selasa, 14 April 2020 13:00 by fzhchyn | 594 hits
Anak Muda di Korea Selatan Cenderung Tak Ketat Soal Social Distancing
Image source: Yonhap News

DREAMERS.ID - Golongan anak muda usia 20-an di Korea Selatan nampaknya tidak begitu ketat soal aturan social/physical distancing selama pandemi corona ini. Padahal kelompok usia mereka merupakan proporsi terbesar dari pasien Covid-19.

Hal tersebut ditunjukkan dalam hasil survei terbaru tentang kesadaran masyarakat terhadap virus corona yang dilakukan Hankook Research. Hasil survei menemukan bahwa responden berusia 20-an kecil kemungkinannya untuk membatasi waktu saat berada di luar rumah.

Sekitar 70 persen responden dalam kelompok usia ini mengatakan bahwa mereka menahan untuk melakukan kegiatan di luar ruangan. Angka ini lebih rendah jika dibandingkan dengan rata-rata keseluruhan responden, 77 persen.

Sebanyak 60 persen responden berusia 20-an juga menjawab bahwa mereka menahan diri untuk tidak menggunakan transportasi umum, lebih rendah 11 poin persentase dari rata-rata semua kelompok usia yang digabungkan, yaitu 72 persen.

Baca juga: Bakal ‘Lawan’ Negaranya Sendiri, Ini 3 Pemain Timnas Korsel yang Kata STY Paling Berbahaya

Survei skala nasional ini dilakuka pada 25-27 Maret lalu dan ditugaskan oleh tim yang dipimpin profesor Yoo Myung Soon dari Sekolah Pascasarjana Kesehatan Masyarakan di SNU. Tim menanyai 1.000 pria da 1.000 wanita berusia 18 ke atas.

Hasil survei, yang menunjukkan bahwa orang berusia 20-an kembali ke rutinitas biasa di tengah wabah corona yang masih terjadi, sangat kontras dengan hasil survei pada akhir Februari lalu, yang menunjukkan bahwa responden berusia 20-an lebih waspada tentang menghindari aktivitas luar ruangan dibandingkan dengan rata-rata keseluruhan.

Survei yang dilakukan pada akhir Maret juga menemukan bahwa responden usia 20-an memiliki kecenderungan yang lebih besar untuk menggunakan masker. Sekitar 96 persen orang dalam kelompok usia ini menjawab bahwa mereka “sering” atau “selalu” mengenakan alat pelindung, sekitar 3 poin lebih tinggi dari rata-rata keseluruhan 93 persen.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)