home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mengintip Prosesi Pemakaman Drive-Thru di Spanyol yang Terjadi Tiap 15 Menit Sekali

Jumat, 10 April 2020 13:50 by reinasoebisono | 805 hits
Mengintip Prosesi Pemakaman Drive-Thru di Spanyol yang Terjadi Tiap 15 Menit Sekali
Imag source: NYPost

DREAMERS.ID - Merujuk dari data John Hopkins University, Spanyol menduduki peringkat tiga besar sebagai negara dengan kasus positif virus corona atau COVID-19 terbanyak. Negara matador ini juga menduduki nomor dua dengan kasus kematian terbanyak.

Mengutip dari Detik, angka kematian yang melonjak di Spanyol ini juga merubah tata cara pemakaman di sana. Bahkan ada pemakaman ‘drive-thru’ jenazah yang terinfeksi virus corona dan ini disebut penanganan yang tepat.

Contohnya di pemakaman La Almudena, Madrid, Spanyol, setiap 15 menit atau lebih, sebuah mobil jenazah berwarna gelap berhenti di depan krematorium. Di mana seorang pendeta katolik, Pastor Edduar menyambut keluatga sebagai penghormatan terakhir.


Image source: CNN

Pelayat juga dibatasi karena pemerintah Spanyol mengatur maksimal tidak boleh lebih dari 5 orang. Sopir mobil membuka bagasi belakang mobil kemudian pastor menyiramkan air suci ke peti mati sebelum staf pemakaman mengemas jenazah tersebut.

Baca juga: Pakar Singgung Indonesia Punya ‘Super Immunity’ Soal Infeksi Corona Dibanding Singapura

Dalam proses awal hingga akhir, pemberkatan hingga doa hanya menghabiskan waktu lima menit. Semua selesai, nyaris tidak ada waktu untuk berpisah, prosesi pemakaman pun tidak disaksikan banyak orang. Bahkan keluarga hanya bisa melihat dari luar mobil.


Image source: NYPost

"Kamu bisa lihat raut wajah mereka, rasa sakit yang besar," ujar Pastor Edduar.

CNN menyebut kota Madrid mendominasi 40 persen kematian virus Corona. Bahkan kamar jenazah di kota ini sudah tidak bisa menangani jumlahnya. Pihak menyebut mereka menguburkan jenazah dua atau tiga kali lebih banyak dari biasanya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Berdasarkan data yang terus dirilis seiring perkembangan virus COVID 19 atau corona di Indonesia, kini kasus kasus di Tanah Air diklaim lebih baik dibanding sejumlah negara tetangga. Para pakar pun menyebut jika hal ini disebabkan oleh imunitas alami dan imunitas dari vaksin....
  • HOT !
    Pada Kamis (7/10), pengadilan telah memutuskan untuk mendukung seorang tentara transgender yang telah meninggal dalam gugatan yang diajukan agar keputusan Angkatan Darat untuk mengeluarkan tertara tersebut dicabut....
  • HOT !
    Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata mengklarifikasi laporan yang menyatakan bahwa pemerintah Korea Selatan tidak menanggung biaya untuk kegiatan BTS sebagai utusan khusus Presiden Moon Jae In di New York....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : ichigofresh
Cast : salad di surabaya timur

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)