home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jakarta Masih Dikaji, Ini Daftar Wilayah di Indonesia yang Sudah Terapkan Karantina Lokal

Senin, 30 Maret 2020 11:15 by muthiasp | 601 hits
Jakarta Masih Dikaji, Ini Daftar Wilayah di Indonesia yang Sudah Terapkan Karantina Lokal
Image source: VOA Indonesia

DREAMERS.ID - Selain social distancing atau jarak sosial, ada pilihan karantina atau lockdown guna menekan angka penyebaran virus corona. Lockdown pun tidak harus nasional, karena beberapa wilayah di Indonesia sudah menerapkan karantina lokal.

Dengan diterapkannya karaktina lokal atau local lockdown diharapkan bisa memutus mata rantai penyebaran, setidaknya di wilayah tersebut. Berikut daftar wilayah yang sudah menerapkan karantina lokal, melansir Kompas.

Tegal

Per Senin (30/03), Dedy Yon Supriyono selaku wali kota Tegal mulai memberlakukan karantina lokal dengan menutup akses masuk ke Tegal yang akan berlangsung selama empat bulan sampai 30 Juli 2020 mendatang. Pemerintah kota menyiapkan anggaran sebesar Rp 2 M untuk membantu warga miskin yang terdampak.

Tasikmalaya

Baca juga: Ada Puluhan Artis Korea Dinyatakan Positif COVID-19 Sepanjang 2021

Setelah ditemukannya kasus corona di Tasikmalaya, wali kota Budi Budiman juga memutuskan untuk me-lockdown wilayahnya mulai Selasa (31/03). Seluruh angkutan umum atau sarana transportasi akan dilarang memasuki wilayah Kota Tasikmalaya. Pihaknya akan membentuk pos-pos penjagaan di setiap akses masuk ke dalam kota.

Papua

Papua diketahui lebih dahulu menutup akses utama dari Bandara Sentani per Kamis (26/03) kemarin sampai 9 April mendatang, terkecuali untuk angkutan barang logistik, pasien darurat, dan sampel swab, berdasarkan keterangan Kapolres Jayapura AKBP Victor Makbon.

Sedangkan, Jakarta dengan kasus corona terbanyak di Indonesia masih mengkaji lebih dalam opsi karantina wilayah dengan sejumlah pihak, karena banyak aspek yang harus diperhatikan. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan akan melakukan simulasi pengamanan penutupan jalan keluar masuk Jakarta.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)