home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Fatwa MUI di Tengah Corona: Terkait Sholat Berjamaah Hingga Haram Borong Sembako dan Masker

Kamis, 19 Maret 2020 17:40 by muthiasp | 1352 hits
Fatwa MUI di Tengah Corona: Terkait Sholat Berjamaah Hingga Haram Borong Sembako dan Masker
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - MUI (Majelis Ulama Indonesia) turut mengambil langkah dalam mencegah penyebaran virus corona yang semakin meluas di tanah air. Fatwa baru dikeluarkan, termasuk terkait pelaksanaan sholat jumat hingga haram menimbun barang kebutuhan.

Dilansir dari laman detik (18/03), MUI mengeluarkan fatwa terkait ibadah sholat jamaah di masjid, seperti sholat jumat yang bisa diganti dengan sholat dzuhur, hingga sholat wajib dan tarawih di rumah.

"Dalam hal ia berada di suatu kawasan yang potensi penularannya tinggi atau sangat tinggi berdasarkan ketetapan pihak yang berwenang maka ia boleh meninggalkan salat Jumat dan menggantikannya dengan shalat zuhur di tempat kediaman, serta meninggalkan jamaah shalat lima waktu/rawatib, Tarawih, dan Ied di masjid atau tempat umum lainnya," tulis MUI.

Kemudian, MUI juga mengeluarkan fatwa yang mengharamkan penyebaran berita bohong atau informasi tidak benar alias hoax terkait virus corona, serta perilaku memborong kebutuhan pokok, serta masker.

"Waspada penting, tapi aktivitas yang menyebabkan kepanikan dengan cara memborong sembako, memborong masker, menyebar informasi yang terkait dengan covid-19, menyebabkan ketakutan orang tapi itu hoaks, itu hukumnya haram," kata Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Niam Sholeh, dalam konferensi pers di gedung Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Kamis (19/03), mengutip Tempo.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Emmeril Khan Mumtaz yang sudah seminggu lebih dinyatakan hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss, hari ini resmi dinyatakan meninggal dunia oleh pihak keluarga sang Ayah, Ridwan Kamil. Pencarian telah dilakukan namun hingga kini belum membuahkan hasil....
  • HOT !
    Car Free Day atau memiliki nama lain Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Jakarta akan kembali diadakan menyusul adanya kelonggaran protokol Kesehatan COVID 19 dari pemerintah. Kegiatan yang kerap disebut CFD ini akan dilaksanakan hari Minggu 22 Mei 2022 mulai pukul 06.00 10.00 WIB....
  • HOT !
    Partai partai yang berkuasa dan oposisi telah membahas perlunya peninjauan cepat RUU yang memungkinkan superstar K pop BTS dan selebriti pop terkemuka lainnya untuk dibebaskan dari tugas wajib militer atau menggantinya dengan layanan publik lainnya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)