home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Malaysia Sudah Lakukan, Perlukah Indonesia Menyusul Terapkan Lockdown?

Selasa, 17 Maret 2020 13:00 by reinasoebisono | 552 hits
Malaysia Sudah Lakukan, Perlukah Indonesia Menyusul Terapkan Lockdown?
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Pemerintah Malaysia akhirnya mengeluarkan kebijakan lockdown alias menutup total negaranya selama dua minggu, mulai Rabu 18 Maret hingga Selasa 31 Maret 2020. Kebijakan ini diberlakukan setelah kasus virus corona atau COVID-19 mencapai angka 533.

Malaysia merupakan negara dengan kasus COVID-19 tertinggi di Asia Tenggara. Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yasin pun mengatakan jika pemerintah tidak bisa menunggu lebih lama sampai situasi semakin memburuk.

"Pemerintah memantau situasi yang terjadi dengan serius, khususnya perkembangan dari gelombang kedua (infeksi virus corona)," kata Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yasin dikutip dari South China Morning Post via Tempo. "Ini adalah satu-satunya cara bagi kami untuk mencegah lebih banyak orang terinfeksi,"

Lalu apakah Indonesia perlu mengikuti jejak Malaysia tersebut? Pengamat Ekonomi, melansir Detik, mengatakan secara tidak langsung sebenarnya Indonesia terutama Jakarta sudah menerapkan semi lockdown. Mengingat sejumlah pekerjaan dan kegiatan belajar dilakukan dari rumah.

"Sebenarnya sekarang sudah lockdown di jalanan kan sudah menyepi, lalu lintas setengahnya lah dari biasanya. PNS, sekolah juga sudah diliburkan, tempat wisata ditutup jadi sudah semi lockdown," kata David.

Baca juga: Peran Selebgram EAD yang Jadi Tersangka Pemalsu Surat PCR

"Menurut saya semi lockdown sudah cukup bagus menghindari penyebaran (virus corona) sehingga infrastruktur rumah sakit kita sanggup menangani," terangnya.

Secara terpisah, Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah menyebut memutuskan untuk lockdown bukanlah hal mudah mengingat harus ada berbagai persiapan yang dilakukan pemerintah.

"Lockdown itu harus dengan pertimbangan yang sangat matang. Benar-benar detail bukan asal kebijakan," sebutnya.

"Kita tidak ingin lockdown, yang bisa kita lakukan sekarang ini adalah isolasi secara terbatas. Tapi ini harus diikuti dengan benar-benar kedisiplinan masyarakat karena sebenarnya virus corona ini bukan masalah mematikan atau tidak, tapi lebih kepada virus ini sangat cepat menular, itu yang berbahaya," lanjutnya

Karenanya untuk sekarang, ia mengajak masyarakat agar mematuhi arahan dari pemerintah untuk mengurangi aktivitas di luar dan mengurangi kontak secara fisik.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Beragam cara dilakukan oleh pemerintah untuk menarik warganya agar mau vaksin. Jika di Indonesia biasanya mendapatkan snack atau makanan ringan maupun bingkisan, beda dengan di wilayah ini yang menawarkan uang tunai....
  • HOT !
    Pemerintah Arab Saudi mengumumkan telah membuka izin umroh bagi jamaah internasional mulai 10 Agustus 2021 mendatang, dengan ketentuan sudah melaksanakan vaksin Covid 19. Dengan catatan, sesuai protokol yang sudah berlaku....
  • HOT !
    Vaksin merupakan salah satu syarat utama agar tidak terpapar Covid 19. Salah satu yang digunakan di Indonesia adalah vaksin AstraZeneca, yang mana ternyata ada peran pemuda tanah air di balik pembuatannya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : kradmisaki
Cast : penitipan anjing di kenjeran

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)