home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Keren! Begini Detail Bus 'Anti Terjebak Lampu Merah' Siap Beroperasi Bulan April

Kamis, 06 Februari 2020 12:45 by reinasoebisono | 1704 hits
Keren! Begini Detail Bus 'Anti Terjebak Lampu Merah' Siap Beroperasi Bulan April
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Berbagai cara kerap dilakukan pemerintah masing-masing daerah untuk memperlancar lalu lintas, transportasi dan mengajak masyarakat menggunakan transportasi umum. Dan kini ada inovasi baru yang unik dan diterapkan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Medan.

Skema buy the service (BTS) akan mulai berjalan di Medan April 2020 di mana ada transportasi bus yang akan anti lampu merah. Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution mengatakan ada 81 unit bus yang akan dioperasikan pada April.

"Kita mengusulkan delapan koridor tapi lima koridor yang disetujui Kementerian Perhubungan," ujar Akhyar.

Calon penumpang wajib menggunakan uang elektronik untuk menggunakan bus ini. Namun masih akan gratis selama satu tahun dalam rangka uji coba. Bus ini juga akan berangkat tiap 10 menit saat jam sibuk.

Nantinya bus ini juga akan berhenti di tiap halte sesuai koridor masing-masing dan akan dilengkapi dengan teknologi yang membuat lampu lalu lintas otomatis hijau saat bus hendak melintas. Artinya, bus ini tak akan terjebak macet karena lampu merah.

"Setiap kali mau melintasi traffic light, lampu langsung berubah hijau sehingga bus tidak berhenti. Dengan demikian warga yang menggunakan jasa moda transport ini tidak akan pernah terjebak dengan lampu merah," ujarnya.

Kira-kira apakah memungkinkan ya sistem transportasi seperti ini diberlakukan di kota lain, terutama di DKI Jakarta?

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jenis penipuan semakin banyak macamnya belakangan ini. Terbaru, aksi penipuan berkedok pesan dari kurir pengiriman paket menjadi perbincanan heboh di media sosial....
  • HOT !
    Taeyeon SNSD menjadi korban penipuan properti berupa tanah di Hannam, Seoul seharga lebih dari 1 miliar won atau sekitar Rp 11, 8 miliar. Kasus tersebut kini sudah dilimpahkan ke kejaksaan....
  • HOT !
    Perizinan konser BLACKPINK dan Raisa di SUGBK kembali dibahas dalam pertemuan Menpora Zainudin Amali dengan Direktur Utama Pusat Pengelola Komplek Gelora Bung Karno (PPK GBK) Rakhmadi Afifi Kusumo di Kantor Kemenpora....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Marsha Cahya (OC), D O EXO , Lu Han, Jungshin CN Blue, Kim Wobin

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)