home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Indonesia Alami Gerhana Bulan Penumbra 11 Januari!

Kamis, 09 Januari 2020 14:45 by manachemvr | 1520 hits
Indonesia Alami Gerhana Bulan Penumbra 11 Januari!
Image source: IDN Times

DREAMERS.ID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengumumkan bahwa gerhana bulan penumbra akan terjadi dan dapat disaksikan dari seluruh wilayah Indonesia Sabtu (11/1/2020) mendatang.

Berdasarkan laporan yang dirilis, gerhana ini akan berlangsung dala tiga fase. Pertama gerhana akan dapat dilihat mulai 00.05 WIB. Gerhana akan berada di posisi puncaknya pada pukul 02.10 WIB, dan akan berakhir apda pukul 04.14 WIB.

"Dapat diketahui bahwa durasi gerhana dari mulai hingga berakhir adalah 4 jam 08,7 menit," tulis BMKG lewat situs resminya.

Baca juga: Penjelasan Gerhana Bulan dan Strawberry Full Moon Malam Ini!

Bukan hanya di Indonesia, gerhana bulan penumbra ini juga dapat disaksikan dari Asia, Eropea, sebagian besar Afrika bagian Timur, Australia bagaian barat dan juga dari Samudera Hindia.

Selanjutnya BMKG juga mengatakan bahwa gerhana bulan penumbra yang jatuh pada tanggal 11 Januari 2020 ini merupakan anggota ke-16 dari 71 anggota seri Soros 144. Gerhana bulan penumbra tahun ini juga dikatakan berasosiasi dengan gerhana yang terjadi bulan Desember tahun 2001.

(mnc)

Komentar
  • HOT !
    Momen menarik terlihat di acara penetapan presiden terpilih di gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4) hari ini). Prabowo Subianto terlihat akan memeluk Anies Baswedan sambil mengguncang tubuh rival Pilpresnya itu setelah selesai berpidato....
  • HOT !
    Tragedi penembakan mematikan di gedung konser Moskow menelan sedikitnya 137 jiwa dan pihak Rusia bergerak cepat dengan berhasil menangkap empat orang dan mendakwa mereka. Kesemuanya didakwa melakukan Tindakan terorisme....
  • HOT !
    Badan anak anak di bawah naungan PBB, UNICEF mengatakan jika lebih dari 13.000 anak anak sudah meninggal dunia di Gaza selama serangan Israel. PBB juga menambahkan jika kini banyak anak anak yang menderita malnutrisi atau kekurangan gizi parah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)