home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Alasan Tidak Semua Rumah Sakit Sediakan Serum Anti-Bisa Ular

Jumat, 20 Desember 2019 23:00 by Rie127 | 1819 hits
Ini Alasan Tidak Semua Rumah Sakit Sediakan Serum Anti-Bisa Ular
Image Source: vojtechruzicka

DREAMERS.ID - Pemberitaan mengenai munculnya ular kobra di beberapa daerah membuat masyarakat menjadi lebih waspada. Hal ini menjadikan beberapa rumah sakit menyediakan serum anti-bisa ular untuk mengantisipasi hal yang tidak terduga.

Sayangnya, tidak semua rumah sakit menyediakan serum anti-bisa ular. Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan penyediaan serum anti-bisa ular tergantung dari hakikat ancaman di sebuah kawasan.

Baca juga: Spesies Baru, Nama Ular Ini Terinspirasi Dari Salah Satu Karakter Pendiri Asrama di Harry Potter

Terawan juga menjelaskan bahwa serum anti-bisa ular tidak perlu disediakan oleh rumah sakit yang tidak memiliki kasus gigitan ular berbisa. Sebaliknya, serum anti-bisa ini akan dimaksimalkan di rumah sakit yang berada di kawasan rawan gigitan ular.

"Kan harus disesuaikan dengan hakikat ancaman. Kalau ancamannya enggak ada, ngapain disediain? Boros toh. Deploy-nya (penyebarannya) harus tetap sasaran," kata Terawan.

Selain itu, Terawan juga mengungkapkan bahwa tidak semua daerah memiliki kasus gigitan ular. Dia mencatat ada ada sejumlah daerah yang memiliki kasus sengatan lebah hingga kalajengking.

Meski tidak tersedia di seluruh RS, Terawan menyampaikan, bahwa Kementerian Kesehatan akan melakukan pengecekan dan pemetaan terhadap ketersediaan serum anti bisa ular di sejumlah kawasan yang menerima pasien tergigit ular berbisa. Terawan juga menargetkan dalam sehari rencana itu akan selesai.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Rumah semi basement atau 'banjiha' dalam bahasa Korea, merupakan tempat tinggal yang dibangun setengah di bawah permukaan tanah. Banjiha kembali menjadi sorotan karena ironi dari bencana banjir bandang Seoul awal pekan ini, yang menelan korban meninggal dunia....
  • HOT !
    Bahasa Korea kian digemari oleh banyak kalangan, mulai dari anak anak hingga dewasa. Di Korea Selatan sendiri, banyak universitas yang membuka kelas singkat untuk mereka yang ingin belajar langsung bahasa Korea di sana....
  • HOT !
    Netizen tanah air dihebohkan dengan kabar bahwa artis Baim Wong mendaftarkan merek Citayam Fashion Week di bawah nama perusahaannya PT. Tiger Wong Entertainment....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : pawpetclinic
Cast : vaksin anjing mulyosari

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)