home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Debat Asal Usul Agnez Mo, Ahli Ungkap Ternyata Tidak Ada Orang Asli Indonesia?

Rabu, 27 November 2019 15:16 by bellaevania | 82129 hits
Debat Asal Usul Agnez Mo, Ahli Ungkap Ternyata Tidak Ada Orang Asli Indonesia?
Image Source: Detik

DREAMERS.ID - Agnez Mo tengah menjadi perbincangan hangat setelah mengaku bukan keturunan Indonesia. Lalu apa sih menurut ahli tentang keturunan asli Indonesia?

Melansir Tempo, menurut Deputi Penelitian Fundamental Eijkman Institute Herawati Sudoyo, seluruh suku yang ada di Indonesia tidak ada yang murni asli Indonesia. “Jadi moyang kita itu dulunya semua dari Afrika, lalu dia itu mengembara dan bertemu dengan cuaca, bencana dan sebagainya di situlah DNA berubah,” kata Herawati dalam acara Pameran Asal-usul Orang Indonesia di Museum Nasional, 15 Oktober 2019.

Menurut Herawati, apa yang dibicarakan mengenai asal-usul seseorang itu keluar dari DNA yang tidak bisa diubah. “DNA itu menceritakan hidup kita, memberikan informasi siapa sih identitas kita ini. Dan DNA tidak berubah sepanjang masa, jadi mau diambil dari bayi, atau diambil sekarang itu sama. Kita tidak bisa berbohong dengan DNA kita,” ujar Herawati.

Baca juga: B.I Kolaborasi dengan Agnez Mo Lewat 'All Shook Up'

Penyanyi senior Edo Kondologit pun menyimpulkan bahwa tidak pantas diantara kita untuk merasa lebih berhak. "Di acara ini karena kita dicerahkan. Artinya, kita sadar bahwa selama ini kita kan merasa lebih pribumi, 'saya lebih berhak atas tanah Indonesia'. Ternyata kan kita semua ini pendatang,” ujar Edo Kondologit di acara yang sama.

"Hasil berdiskusi dengan Prof Herawati tadi, orang Papua itu baru ada di Papua sekitar 50.000 - 60.000 tahun yang lalu berimigrasi dari Afrika, sementara orang yang ada di Jawa, Kalimantan, Sulawesi segala macam ini kurang lebih 20.000-30.000 tahun yang lalu mereka masuk," tambah Edo.

(bef)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)