home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Inilah Bocoran-bocoran Soal Tes Seleksi CPNS 2019!

Selasa, 29 Oktober 2019 12:33 by reinasoebisono | 5293 hits
Inilah Bocoran-bocoran Soal Tes Seleksi CPNS 2019!
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 telah resmi diumumkan dan akan dimulai pada 11 November mendatang. Sejumlah hal pun dipersiapkan dari sisi penyelenggara, termasuk juga dari kamu yang berminat melamar, Dreamers.

Perlu diingat kembali jika pelamar satu orang hanya boleh mendaftar di satu instansi dan satu formasi jabatan di kementerian/lembaga/pemda. 

Mereka yang lolos seleksi administrasi selanjutnya mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan Sistem Computer Assisted Test (CAT). SKD akan dilakukan pada Februari 2020 dan dilanjutkan dengan Seleksi Kompetisi Bidang (SKB) pada Maret 2020.

"Mungkin nanti soal radikalisme masuk di sana, tahun lalu kan belum ada. Karena ini perlu, karena kan beberapa teman kami PNS ada yang terpapar radikalisme, mungkin itu bisa masuk," kata Ridwan, kepada detikcom, Sabtu (19/10/2019).

Baca juga: Tidak Lagi Muluk-muluk, Profesi PNS Jadi Zona Aman Generasi Milenial

Ingat dengan viralnya soal tes CPNS 2018 yang disebut sangat sulit dan soalnya tak masuk akal? Ridwan mengingatkan kepada para pendaftar untuk betul-betul mempersiapkan diri menghadapi soal TKP.

TKP sendiri menguji kepekaan sosial budaya, pelayanan publik, kreativitas dan inovasi, profesionalisme, hingga jejaring kerja si calon PNS. Menurut Ridwan, tes ini isi soalnya banyak yang menjebak, bahkan tidak ada kata salah di tiap soal.

"Ini tuh rentang nilai 1-5 nggak ada nilai salah, benar, lebih benar, dan paling benar, kayak tes psikologi," kata Ridwan. "Prinsipnya adalah saat ngerjain itu kita harus punya mindset kita udah jadi PNS,”

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Momen menarik terlihat di acara penetapan presiden terpilih di gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4) hari ini). Prabowo Subianto terlihat akan memeluk Anies Baswedan sambil mengguncang tubuh rival Pilpresnya itu setelah selesai berpidato....
  • HOT !
    Tragedi penembakan mematikan di gedung konser Moskow menelan sedikitnya 137 jiwa dan pihak Rusia bergerak cepat dengan berhasil menangkap empat orang dan mendakwa mereka. Kesemuanya didakwa melakukan Tindakan terorisme....
  • HOT !
    Badan anak anak di bawah naungan PBB, UNICEF mengatakan jika lebih dari 13.000 anak anak sudah meninggal dunia di Gaza selama serangan Israel. PBB juga menambahkan jika kini banyak anak anak yang menderita malnutrisi atau kekurangan gizi parah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)