home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Masalah Serius Korea Selatan di Tengah Perkembangan Teknologi Canggih: Kurang Anak

Senin, 14 Oktober 2019 10:44 by reinasoebisono | 961 hits
Masalah Serius Korea Selatan di Tengah Perkembangan Teknologi Canggih: Kurang Anak
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Perlu diketahui jika Korea Selatan kini menempati peringkat ke-4 dalam negara dengan nilai perekonomian terbesar di Asia, setelah Cina, Jepang dan India. Hal ini dilansir terjadi karena perkembangan teknologi dan industrial di Korea Selatan berlangsung begitu cepat.

Namun sayangnya, melansir Detik, perkembangan sisi modern Negeri Gineng itu tidak diimbangi dengan perkembangan populasi, bahkan jadi masalah serius. Karena banyak warganya yang tak mau menikah sehingga angka kelahiran pun sedikit.

Setelah ditelusuri, banyak anak-anak muda di Korea Selatan yang enggan menikah. Baik pria mau pun wanitanya, fokus untuk berkarir dan hidup mandiri. Data statistik pun mencatat jika tingkat pernikahan anjlok selama 50 tahun terakhir.

Dalam sensus tahun 2015 misalnya, 23 persen wanita Korea Selatan menikah di usia 25-29 tahun. Padahal di tahun 1970, tercatat 90 persen wanita Korea Selatan yang menikah dalam rentang usia yang sama!

Baca juga: Unik! Rekomendasi 4 Destinasi Wisata Ramah Lingkungan di Seoul

Bahkan angka kesuburan di Korea Selatan adalah salah satu yang terendah di dunia. Rata-rata wanita Korsel hanya punya 1 anak, dengan rata-rata global adalah sekitar 2 anak. Padahal di tahun 1950-an, rata-rata wanita Korsel punya 5 anak.

Di tahun 1950, kurang dari 3 persen populasi Korsel adalah warga usia 65 tahun ke atas. Hari ini, lansia 65 tahun ke atas di Korsel mencapai 65 persen. Hal ini berarti generasi muda dan anak-anaknya tidak bertambah karena didominasi lansia.

Pada pertengahan 2060-an, PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa) memperkirakan persentase mereka yang lebih tua dari 65-an akan memuncak pada lebih dari 40 persen. Hal itu membuktikan, harapan hidup di Korea Selatan makin tinggi. Karena bagaimana pun, masalah populasi akan bergantung pada demografi dan gaya hidup di masa mendatang.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Presiden Joko Widodo secara resmi memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 di seluruh JABODETABEK hingga 2 Agustus 2021. Sebelumnya, PPKM level 4 tambahan sudah diberlakukan dari tanggal 20 25 Juli 2021 selama 5 hari. ...
  • HOT !
    Vaksin merupakan salah satu syarat utama agar tidak terpapar Covid 19. Salah satu yang digunakan di Indonesia adalah vaksin AstraZeneca, yang mana ternyata ada peran pemuda tanah air di balik pembuatannya....
  • HOT !
    Korea Selatan penuh dengan penemuan penemuan menarik yang mungkin masih banyak orang tidak ketahui. Namun beberapa orang tidak menyadari bahwa mereka gunakan sekarang ini adalah inovasi dari Korea....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : kradmisaki
Cast : penitipan anjing di kenjeran

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)