home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dinilai Terlalu Dini, Perppu KPK Mendapat Penolakan Partai Koalisi dan Jusuf Kalla

Rabu, 02 Oktober 2019 16:48 by manachemvr | 740 hits
Dinilai Terlalu Dini, Perppu KPK Mendapat Penolakan Partai Koalisi dan Jusuf Kalla
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Setelah Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hasil revisi mendapatkan beberapa penolakan, Presiden Joko Widodo berencana untuk mengeluarkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu).

Tidak sejalan dengan Jokowi, rupanya rencana pengeluaran perppu tersebut mengalami respon negatif dari Jusuf Kalla dan partai koalisi. Keduanya mengatakan bahwa sebaiknya perppu menjadi pilihan terakhir dalam menanggapi UU KPK tersebut.

"Kami tidak beri masukan secara spesifik. Hanya tentu partai politik menyampaikan bahwa opsi perppu harus menjadi opsi paling terakhir, karena ada opsi lainnya yang mesti dieksplor juga," kata Arsul Sani, Sekretaris Jendral PPP, melansir Kompas.

Arsul juga menyarankan agar Presiden Jokowi mengambil langkah lain seperti legislative review atau uji materi di Mahkamah Konstitusi (MK). Langkah ini dilakukan dengan kembali membahas UU KPK hasil revisi antara pemerintah dan DPR, serta mengganti pasal yang sesuai dengan aspirasi masyarakat.

Baca juga: Sejumlah Pihak Mendesak Jokowi, Perppu Social Distancing Justru Dianggap Menyia-nyiakan Waktu?

Jusuf Kalla pun juga menanggapi rencana pengeluaran perppu dinilai mengurangi kewibawaan pemerintah yang baru saja menanda tangani revisi Undang-Undang.

"Karena baru saja Presiden teken berlaku langsung Presiden sendiri tarik. Kan tidak bagus. Dimana kita mau tempatkan kewibawaan pemetintah kalau baru teken berlaku kemudian kita tarik. Logikannya dimana?" kata Jusuf Kalla.

Saat ini diketahui sudah ada yang menggugat Undang-Undang KPK hasil revisi sehingga akan dilakukan uji materi.

(mnc)

Komentar
  • HOT !
    Momen menarik terlihat di acara penetapan presiden terpilih di gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4) hari ini). Prabowo Subianto terlihat akan memeluk Anies Baswedan sambil mengguncang tubuh rival Pilpresnya itu setelah selesai berpidato....
  • HOT !
    Tragedi penembakan mematikan di gedung konser Moskow menelan sedikitnya 137 jiwa dan pihak Rusia bergerak cepat dengan berhasil menangkap empat orang dan mendakwa mereka. Kesemuanya didakwa melakukan Tindakan terorisme....
  • HOT !
    Badan anak anak di bawah naungan PBB, UNICEF mengatakan jika lebih dari 13.000 anak anak sudah meninggal dunia di Gaza selama serangan Israel. PBB juga menambahkan jika kini banyak anak anak yang menderita malnutrisi atau kekurangan gizi parah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)