home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Resmi! Drama Revisi UU KPK Akhirnya Disahkan DPR Meski Ditolak Sana-sini

Selasa, 17 September 2019 13:55 by reinasoebisono | 617 hits
Resmi! Drama Revisi UU KPK Akhirnya Disahkan DPR Meski Ditolak Sana-sini
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Dalam sekkitar kurun waktu dua minggu terakhir, pergolakan soal revisi Undang-undang KPK mengalami gelombang penolakan yang begitu kuat dari berbagai pihak. Belum lagi drama dari DPR dan Pemerintah yang ‘jalan terus’ hingga hari ini disahkan oleh pihak legislatif.

Perlu diketahui, Revisi UU 30/2002 tentang KPK ini ditolak habis-habisan oleh sejumlah pihak. Misalnya saja oleh para guru besar, akademisi, koalisi masyarakat bahkan oleh KPK sendiri karena dianggap bisa membunuh lembaga antikorupsi tersebut.

Rapat paripurna DPR yang dipimpin Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah pun digelar. Berdasarkan hitungan manual, rapat paripurna hanya dihadiri 80 anggota DPR ketika dibuka. Namun Fahri menyatakan ada 289 anggota yang tercatat hadir dan izin dari 560 anggota Dewan.

Awalnya, Ketua Badan Legislasi (Baleg) Supratman Andi Agtas membacakan laporan hasil pembahasan revisi UU KPK di Baleg. Dari laporan itu, diketahui bahwa 7 fraksi menyetujui revisi UU KPK secara penuh; 2 fraksi, yaitu Gerindra dan PKS, memberi catatan soal Dewan Pengawas; sedangkan Fraksi Demokrat belum berpendapat.

Fahri lalu melanjutkan agenda pengesahan dengan penyampaian tanggapan pemerintah. Tanggapan itu dibacakan Menkum HAM Yasonna Laoly. Yasonna mengatakan presiden menyetujui revisi UU KPK disahkan menjadi UU.

Baca juga: Resmi, Menhan Prabowo Sandang Bintang 4 Di Pundaknya

"Apakah pembicaraan tingkat dua, pengambilan keputusan RUU tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dapat disetujui untuk disahkan menjadi UU?" tanya Fahri.

"Setuju," jawab anggota DPR serempak.

Pembahasan Revisi UU KPK ini mengundang polemik karena bersifat kilat. Sejak resmi jadi usul inisiatif DPR hingga mendapat dukungan presiden dan disahkan dalam rapat paripurna DPR hanya berselang 13 hari.

Sebelumnya diberitakan, revisi UU 30/2002 tentang KPK ditolak oleh guru besar, akademisi, koalisi masyarakat, hingga oleh KPK sendiri karena dianggap bisa membunuh lembaga antikorupsi itu. Namun DPR dan pemerintah tetap melanjutkan pembahasan hingga akhirnya kini disahkan.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Momen menarik terlihat di acara penetapan presiden terpilih di gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4) hari ini). Prabowo Subianto terlihat akan memeluk Anies Baswedan sambil mengguncang tubuh rival Pilpresnya itu setelah selesai berpidato....
  • HOT !
    Tragedi penembakan mematikan di gedung konser Moskow menelan sedikitnya 137 jiwa dan pihak Rusia bergerak cepat dengan berhasil menangkap empat orang dan mendakwa mereka. Kesemuanya didakwa melakukan Tindakan terorisme....
  • HOT !
    Badan anak anak di bawah naungan PBB, UNICEF mengatakan jika lebih dari 13.000 anak anak sudah meninggal dunia di Gaza selama serangan Israel. PBB juga menambahkan jika kini banyak anak anak yang menderita malnutrisi atau kekurangan gizi parah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)