home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Video Viral Persahabatan Habibie dan Mantan Presiden Timor Leste Saat Menjenguk yang Buat Netizen Ikut Menangis

Kamis, 12 September 2019 19:00 by reinasoebisono | 991 hits
Video Viral Persahabatan Habibie dan Mantan Presiden Timor Leste Saat Menjenguk yang Buat Netizen Ikut Menangis
Image source: Journal Independente

DREAMERS.ID - Indonesia masih berduka atas kepergian Presiden Ketiga RI, BJ Habibie hingga diumumkan hari berkabung nasional selama tiga hari hingga Sabtu mendatang. Habibie meninggal dunia pada Rabu (11/9) pada pukul 18.05 WIB di RSPAD Gatot Suebroto, Jakarta Pusat.

Dan baru-baru ini, melansir Liputan6, beredar video ketika Mantan Presiden Timor Leste Xanana Gusmao menjenguk BJ Habibie di rumah sakit yang dalam sekejap viral. Ramai diperbincangkan karena video tersebut memperlihatkan keakraban persahabatan keduanya yang ‘terlalu’ manis.

Video tersebut diunggah oleh akun Twitter bernama @KatolikG memperlihatkan Xanana Gusmao menjenguk Habibie yang terbaring di ranjang rumah sakit. Tak lama, Xanana mencium kening Habibie dan mereka berpelukan sambil Xanana menepuk-nepuk dada Habibie.


Image source: Tribunnews

Tak hanya berhenti sampai di situ, BJ Habibie pun membiarkan Presiden Pertama Timor Leste itu membaringkan kepalanya di dadanya. Menjadi sorotan, karena dinilai tak ada poin politik atau persaingan, yang ada hanya persahabatan dan kemanusiaan.

Xanana Gusmao sendiri adalah seorang mantan gerilyawan yang berjuang atas kemerdekaan Timor Leste untuk melawan pemerintahan Indonesia. Ia juga memimpin pasukan gerilyawan dan ditangkap pada tahun 1992 selama 7 tahun.

Baca juga: Curhat AHY yang Saran Liburan Ditolak SBY Sampai Wejangan Haru dari Almarhum Habibie

Akhirnya Xanana Gusmao dibebaskan ssaat masa pemerintahan BJ Habibie yang membuat nama Presiden Ketiga RI itu begitu berarti untuknya dan masyarakat Timor Leste. Video ini pun tak sedikit memancing pendapat netizen yang ikut ‘menangis’ melihatnya.

“Pada sudut pandang Timor Leste, Pak Habibie adalah pahlawan. Video yg penuh haru. Sekali lagi, selamat jalan, Pak” ujar akun @lintang507

“sangat mengharukan melihat pelukan dan ciuman Xanana sebagai sahabat almarhum... dari almarhum kita belajar bagaimana mencintai dgn sepenuh hati, memberi dengan ketulusan dan berbakti bagi bangsa dan negara dengan segenap jiwa raga ,” tulis akun @hkushardanto.

“Video terbaik yg sy lihat sepekan ini.. Penuh arti.. penuh makna.... Semoga bs menjadi "arti" yg beragam tp positif bagi kita semua” tulis akun @Iyo63579667.

Xanana Gusmao saat menjenguk BJ Habibie..
penuh haru dan penuh rasa kemanusiaan..

Tisu mana tisu... pic.twitter.com/NvVRuOqhEL

— Katolik Garis Lucu (@KatolikG) September 12, 2019

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)