home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Yuk Mengenal Lebih Dalam Tentang 'Chuseok Day' yang Dirayakan Masyarakat Korea

Kamis, 12 September 2019 11:25 by Rie127 | 2961 hits
Yuk Mengenal Lebih Dalam Tentang 'Chuseok Day' yang Dirayakan Masyarakat Korea
Image Source: amino

DREAMERS.IDChuseok atau yang dikenal dengan Hari Thanksgiving Korea adalah salah satu hari yang paling penting di Korea. Tahun ini, Chuseok jatuh pada hari Kamis 19 September. Namun periode liburan sebenarnya berlangsung selama tiga hari, termasuk hari sebelum dan sesudah Chuseok.

Chuseok juga dikenal sebagai Hangawi, yang berarti hari ke 15 Agustus, menurut kalender lunar, dimana semua keluarga berkumpul untuk menikmati waktu bersama dan mengucapkan terima kasih kepada leluhur mereka atas panen yang berlimpah.

Para wanita di keluarga juga menyiapkan upacara peringatan leluhur yang disebut Charye dengan mengisi meja makan dengan berbagai menu makanan termasuk beras dan buah yang baru dipanen.

Masyarakat Korea juga merayakan Chuseok dengan membuat makanan khusus, khususnya kue beras jenis tertentu yang disebut Songpyeon. Songpyeon dibuat dengan beras baru yang ditumbuk halus, kemudian adonan dibentuk menjadi bulat kecil dan diisi dengan biji wijen, chestnut, kacang merah, atau bahan sejenis lainnya.


Image Source: asiasociety

Baca juga: Dingin-dingin Empuk, Es Krim Tteok Jadi Dessert Tradisional Kekinian di Korea

Kue beras disusun di atas lapisan jarum pinus saat dikukus, mengisi rumah dengan aroma musim gugur yang lembut dan segar. Pada malam hari di Chuseok, anggota keluarga berkumpul untuk membuat songpyeon bersama, menggambarkan pentingnya keluarga dalam masyarakat Korea.


Image Source: asiasociety

Tradisi Chuseok lain di Korea modern adalah pemberian hadiah. Orang Korea akan memberikan hadiah tidak hanya kepada kerabat mereka, tetapi juga kepada teman dan kenalan bisnis untuk menunjukkan terima kasih dan penghargaan mereka.


Image Source: asiasociety

Beberapa ide hadiah adat adalah potongan daging sapi berkualitas tinggi, buah segar seperti apel, dan paket hadiah mulai dari makanan ringan tradisional Korea hingga barang-barang yang berguna lainnya.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Melonjaknya kasus Covid 19 memberikan dampak buruk bagi banyak orang orang, salah satunya pelajar internasional yang ingin sekolah di Korea Selatan. Ada sejumlah aturan baru yang diterapkan menyusul kedatangan mereka....
  • HOT !
    Varian terbaru dari Covid 19 yaitu varian delta yang sangat cepat menular menjadi strain dominan COVID 19 di Korea Selatan, sehingga mempersulit otoritas kesehatan untuk memperlambat penyebaran virus corona baru ini. Bahkan meluas ke daerah daerah selain Seoul....
  • HOT !
    Angka kasus positif Covid 19 terus meningkat di Indonesia. Banyak masyarakat yang mencari bantuan untuk ruang rumah sakit hingga ketersediaan oksigen di media sosial. Agar mempermudah masyarakat untuk mendapatkan bantuan, sejumlah situs diluncurkan untuk perbaruan bantuan informasi....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : madumagastrolforte
Cast : magastrol forte

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)