home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jakarta Harus Siapkan Ini untuk Jadi Tuan Rumah Formula E 2020 Mendatang

Senin, 15 Juli 2019 15:48 by reinasoebisono | 604 hits
Jakarta Harus Siapkan Ini untuk Jadi Tuan Rumah Formula E 2020 Mendatang
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan jika ibu kota akan menjadi tuan rumah gelaran Formula E tahun 2020 mendatang. Masyarakat pun antusias menymbut pelaksanaan olah raga satu ini dan penasaran apakah mobil-mobil super cepat itu akan melenggang di jalan-jalan protokol Jakarta?

Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sadikin Aksa pun mengatakan persiapan harus dilakukan secara bertahap karena harus memberi pengadaan sirkuit balapnya.

Formula E sendiri, melansir Kompas, dikenal sebagai balapan mobil listrik yang menggunakan jalanan perkotaan sebagai tempat balap. Sudah ada 12 kota yang menyelenggarakannya seperti Hong Kong, Sanya, Roma, Paris, Berlin hingga New York.

“Nanti biasanya ada desain sirkuit oleh desainer. Penyelenggara kemudian koordinasikan dengan IMI sebagai induk organisasi olahraga bermotor. Nanti kita bawa ke FIA sebagai federasi tertinggi lalu bersama-sama berdiskusi dengan pemerintah kota,” ucap Sadikin.

Baca juga: Akhirnya Reuni! Sejeong dan Eunwoo Akan Jadi MC di Acara Seoul E-Prix 2022

Karena perlu diketahui jika Formula E sangat jarang dilaksanakan di sirkuit tertutup atau lintasan khusus balapan. Rata-rata dil akukan di jalanan perkotaan dengan jarak tak lebih dari 3 kilometer. Sebagai contoh di Hong Kong sirkuitnya sepanjang 1.8 kilometer, sedangkan di Roma sepanjang 2.8 kilometer.

“Berbeda dengan Formula 1 yang komersial, mereka membawa pesan bagaimana berkendara go green atau ramah lingkungan. Maka harapannya dalam penyelenggaraan nantinya juga turut membantu menurunkan polusi,” ucap Sadikin.

Formula E pertama kali digelar pada 2014 dengan jalanan ibu kota negara sebagai sirkuitnya. Saat ini ada 14 seri dengan 13 kota yang menjadi penyelenggara Formula E. Untuk musim 2019/2020 sudah diumumkan ada 14 race di 12 kota.

Dalam pengumuman tersebut, Desember 2019 masih belum diumumkan kota mana yang akan menyelenggarakan balapan tersebut. Kemungkinan akan bertambah jadwal, pada 2020 Jakarta dimasukkan sebagai penyelenggara.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)