home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Di Balik Pernyataan KPU Sebut Kubu Prabowo Gagal Paham Soal Situng Pemilu 2019, Tak Mungkin Manipulasi Suara

Selasa, 18 Juni 2019 14:16 by reinasoebisono | 664 hits
Di Balik Pernyataan KPU Sebut Kubu Prabowo Gagal Paham Soal Situng Pemilu 2019, Tak Mungkin Manipulasi Suara
Image source: Istimewa

DREAMERS.ID - Sistem Informasi Penghitungan Suara atau Situng Komsi Pemilihan Umum (KPU) adalah salah satu yang dipermasalahkan oleh kubu 02 Prabowo-Sandi sehingga menggugat hasil perolehan suara di Pilpres 2019.

Di sidang lanjutan Mahkamah Konstitusi hari ini, Selasa (18/6), Kuasa Hukum KPU Ali Nurdin mengatakan jika kubu 02 telah keliru dan gagal paham karena mempermasalahkan kesalahan input data Situng.

"Pemohon telah keliru atau gagal paham dalam menempatkan Situng pada proses penghitungan dan rekapitulasi penghitungan suara," kata Ali.

Ali menegaskan, pencatatan data pada Situng KPU bukan merupakan sumber data rekapitulasi berjenjang yang jadi dasar penghitungan di tingkat nasional. Melainkan Situng hanyalah alat bantu yang berbasis teknologi informasi.

Baca juga: Dikotori Oleh Kekerasan, Berbagai Gaya Media Asing Beritakan Putusan MK Soal Sengketa Pilpres 2019

Hal ini guna mendukung akuntabilitas kinerja dalam pelaksanaan tahapan pemungutan perhitungan rekapitulasi, serta penetapan hasil penghitungan suara Pemilu 2019. Hal ini juga telah ditegaskan dalam keputusan KPU Nomor 536 tahun 2009 tentang petunjuk penggunaan sistem informasi penghitungan suara.

Lebih lanjut, KPU juga mengakui adanya kesalahan pencatatan data Situng namun telah diperbaiki. Kesalahan itu pun hanya berkisar 0,00026% sehingga dinilai tidak signifikan jika kubu Prabowo menyimpulkan adanya rekayasa atau manipulasi perolehan suara.

"Tuduhan rekayasa Situng untuk memenangkan salah satu pasangan calon adalah tuduhan yang tidak benar atau bohong," ujar Ali mengutip Kompas.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Rekor hujan terlebat setelah 80 tahun di wilayah Seoul pada Senin (8/8) malam menyebabkan tujuh orang tewas dan enam lainnya hilang. Banyak wilayah Seoul terendam banjir, termasuk kawasan elit Gangnam hingga stasiun kereta bawah tanah....
  • HOT !
    Lubang misterius kembali ditemukan di dasar Samudra Atlantik oleh kru Kapal Okeanos Explorer dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA). Lubang misterius itu berada pada kedalaman 2,6 kilometer dengan penyebab yang masih belum diketahui....
  • HOT !
    Pelaku penembakan Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe semakin terungkap dengan foto foto pergulatannya dengan petugas pengamanan pada saat insiden terjadi. Terlihat seseorang yang dilaporkan berusia 40 tahunan berusaha ditumbangkan oleh beberapa petugas berseragam ekmeja putih dan jas hitam....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : BubleSya
Cast : Oh Sehun, Song Yoon Ji-OC,xiao luhan

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)